Dorong Minat Baca, Serahkan Buku Agama ke Masjid

Bagikan:
Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk foto bersama pelajar jamaah sholat Jumat di Masjid I’tidal Kota Sibolga, usai penyerahan buku bacaan, Jumat (1/2).

MetroTabagsel.com – Guna mendorong dan meningkatkan minat baca masyarakat, Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menyerahkan bantuan sebanyak 207 eksemplar buku bacaan Agama Islam, Jumat (1/2).

Penyerahan buku bacaan agama itu dilakukan Syarfi sekaitan dengan kegiatan rutin yang dilakukannya bersama pejabat Pemko Sibolga yang beragama Islam dengan tajuk safari Jumat. “Seluruh jamaah kiranya dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan mini yang ada di setiap masjid. Jamaah bisa giat mengisi waktu luang di masjid untuk membaca buku-buku agama Islam yang bermutu. Sambil berdzikir menunggu waktu sholat, bolehlah para jamaah menyempatkan waktu untuk membaca buku-buku ini,” kata Syarfi saat menyerahkan bantuan itu di Masjid I’tidal, Jalan Rajawali, Kota Sibolga.

Hadir dalam safari Jumat itu, Sekda Kota Sibolga M Yusuf Batubara, Asisten II Hendra Darmalius, para Pimpinan OPD, para Camat dan Lurah di lingkungan Pemko Sibolga yang beragama Islam.

Menurut Syarfi, kehadiran perpustakaan mini di setiap rumah ibadah adalah untuk mendorong generasi muda umat Islam untuk betah berada di masjid. “Sebab mengisi waktu dengan hal-hal positif seperti membaca, jauh lebih mulia dan terhormat daripada bicara fitnah, mengumbar berita bohong dan ujaran kebencian,” pungkas Syarfi.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Sibolga Lysna Siahaan mengatakan, bahwa bantuan buku buku bermutu dan sarana perpustakaan bagi rumah ibadah adalah bagian dari program pengembangan minat baca dan pembinaan perpustakaan. “Bantuan kali ini, selain sebanyak 307 buah buku dengan 95 judul, juga diserahkan 1 unit lemari untuk tempat buku tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, dinas yang dipimpinnya akan terus mendorong dan membantu agar seluruh rumah ibadah di Sibolga baik masjid, gereja maupun vihara memiliki perpustakaan mini. “Kita berharap melalui bantuan bantuan seperti ini, jamaah dari masing-masing rumah ibadah bisa meningkat minat bacanya dan SDM nya akan meningkat pula,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Syarfi juga menyempatkan diri menguji kemampuan salah seorang siswa SD jamaah sholat Jumat yang kebetulan berada di perpustakaan masjid I’tidal. Siswa bernama Muhammad Faiz Azhari Harahap itupun memenuhi tantangan Walikota Sibolga dan membaca Al Qur’an dengan fasih dan lancar. (rb/nt)

Bagikan: