Danau Tao, Ikon Wisata Kabupaten Paluta

Bagikan:
Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi serta rombongan saat meninjau lokasi Danau Tao untuk dijadikan salah satu ikon wisata daerah Paluta, belum lama ini.

PALUTA – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan menjadikan keindahan pesona alam Danau Tao di Desa Batang Onang Baru, Kecamatan Batang Onang, sebagai salah satu ikon wisata kebanggaan daerah Paluta.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi saat menyempatkan diri mengunjungi Danao Tao usai kegiatan pembukaan MTQ ke 8 tingkat Kecamatan Batang Onang, Jumat (25/1) lalu.

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi oleh ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap, sejumlah pimpinan OPD Paluta, Camat Batang Onang Darman SSos, tokoh masyarakat setempat beserta warga masyarakat sekitar.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyebutkan bahwa keindahan pesona alam Danau Tao akan dijadikan salah satu ikon wisata daerah Paluta.

Sebagai langkah awal, untuk tahun ini Pemkab Paluta akan mengucurkan anggaran sebesar Rp2 miliar yang diperuntukkan bagi pembangunan sarana infrastruktur jalan menuju Danau Tao.

“Untuk tahun ini akan kita anggarkan dana sebesar Rp2 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan menuju lokasi Danau Tao,” ujarnya.

Langkah tersebut, nantinya akan dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas pendukung lainnya untuk mewujudkan Danau Tao menjadi lokasi wisata yang bertaraf nasional bahkan internasional.

Sebab katanya, dengan ditingkatkannya sarana infrastruktur dan fasilitas lainnya akan menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah untuk mengunjunginya.

“Kalau infrastruktur dan fasilitasnya kita benahi dengan baik, akan menarik minat masyarakat wisatawan lokal maupun luar daerah mengunjunginya. Dengan begitu, akan menunjang peningkatan ekonomi masyarakat sekitar melalui sejumlah sektor antara lain sektor perdagangan dan lainnya,” katanya.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat sekitar juga ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian dan mendukung program Pemkab Paluta untuk pengembangan lokasi wisata Danau Tao kedepannya.

Sementara, Camat Batang Onang Darman SSos menyampaikan bahwa masyarakat kecamatan Batang Onang pada umumnya sangat menyambut baik rencana Pemkab Paluta untuk pengembangan Danau Tao menjadi salah satu ikon wisata Paluta.

Katanya, harapan masyarakat ini sudah sejak dulu, namun kondisi dan situasi yang belum mendukung, keinginan tersebut belum dapat direalisasikan dengan baik.

“Masyarakat sangat mendukung untuk pengembangannya. Untuk saat ini masyarakat sudah memulainya secara tradisional dengan menjaga kelestarian dan keamanan di sekitar lokasi danau,” ujarnya.

Lanjutnya, masyarakat juga sudah menyepakati untuk menghibahkan areal sekitar Danau Tao kepada Pemkab Paluta untuk dikelola menjadi lokasi wisata yang nantinya akan menjadi sumber pendapatan daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Saat ini juga lokasi Danau Tao tersebut sudah cukup ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun luar daerah meski hanya dengan fasilitas seadanya saja. “Saat ini sudah cukup ramai dikunjungi warga meskipun hanya dengan fasilitas seadanya. Karena itu masyarakata sangat menyambut baik rencana bapak Bupati untuk meningkatkan fasilitas menjadi lebih baik,” jelasnya.

Senada, salah satu tokoh masyarakat Drs Lian Harahap sangat mengapresiasi langkah Pemkab Paluta dalam pengembangan Danau Tao untuk jadi salah satu ikon wisata daerah kabupaten Paluta. “Kami siap mendukung kebijakan daerah untuk pengembangan Danau Tao menjadi ikon wisata daerah di kabupaten Paluta,” tegasnya. (ais)

Bagikan: