Teken MoU dengan Rektor ITB: Walikota Ingin Kembangkan Potensi Padangsidimpuan

Bagikan:
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA menandatangani dokumen Kerjasama yang disaksikan langsung jajaran Pemko Psp dan ITB yang hadir dalam acara tersebut.

SIDIMPUAN – Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA menandatangani dokumen Kerjasama, di Rektorat ITB, Senin (28/1).

Kerjasama Pemko Padangsidimpuan dengan Institut Teknologi Bandung dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penandatanganan Kerjasama ini sesuai dengan janji yang disampaikan Walikota Irsan Efendi Nasution SH kepada masyarakatnya tentang upaya Pemko Padangsidimpuan dalam meningkatkan potensi yang ada Padangsidimpuan dalam segala sektor pembangunan.

“Kita akan berkomitmen untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan tim dari ITB untuk melakukan Rencana Induk Pariwisata di Kota Padangsidimpuan. Sehingga kita dapat mengetahui kajian secara ilmiah mengenai potensi pariwisata yang akan kita kembangkan di Padangsidimpuan,” sebut Irsan, saat kunjungan ke beberapa desa/kelurahan sebelum menyambut kedatangan Tim ITB ke Kota Padangsidimpuan.

Pada Rabu (23/1), orang nomor 1 di Padangsidimpuan ini menyambut kedatangan Tim Observasi Pengelolahan dan Pengembangan Objek Pariwisata dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di Simapil-Apil Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Psp Hutaimbaru.

Dalam kunjungan ini, Pemko Padangsidimpuan berharap agar Tim dari ITB dapat membantu mengeksplor potensi pariwisata yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Dengan kekayaan budaya yang kita miliki dan keramah-tamahan khas budaya timur. Saya pikir dapat kita jadikan modal dan tentunya ditambah dengan perbaikan infrastruktur oleh Pemerintah. Dengan harapan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Padangsidimpuan,” sebut Irsan.

Saat itu, Irsan juga berharap Simapil-Apil Kelurahan Lubuk Raya dapat menjadi ikon pariwisata dalam bidang kebudayaan. Tim ITB yang datang tersebut ialah Ir Ina koswara MSi dan Ririn Damanik ST MPar.

Walikota Teken MoU dengan Rektor ITB

Irsan Efendi Nasution SH, langsung bergerak cepat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).
Kehadiran Walikota didampingi Inspektur Inspektorat Rahmat Marzuki Nasution SH, Kepala Balitbang AR Marjoni, Plt Kepala Bagian Umum Tobonsyah Pulungan SSos, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Roy S Siagian SSTP, dan Kepala Bagian Humas Rahmat Irmansyah disambut langsung oleh Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA dan jajarannya.

Disaksikan kedua belah pihak (Jajaran Pemko Psp dan ITB), Walikota dan Rektor ITB menandatangani Kerjasama dalam Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Berdasarkan isinya, Ruang Lingkup Kerjasama ini pengembangan sumber daya manusia melalui penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. Kemudian, pengembangan dan peningkatan potensi sumber daya alam melalui penyelenggaraan penelitian dan pengkajian.

Perencanaan dan pembangunan yang tepat, terarah, terpadu, dan berkelanjutan melalui kegiatan konsultasi dan pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan-kegiatan lainnya yang telah disepakati. Jangka waktu perjanjian (kerjasama) Pemko Psp dengan ITB ini berlangsung selama 5 tahun sejak ditandatangani.

“Kita berharap dengan terjalinnya kerjasama yang baik ini ke depannya juga dapat menjadi pintu akses yang lebih mudah bagi generasi muda Kota Padangsidimpuan untuk menimba ilmu di ITB, khususnya bagi pelajar yang kurang mampu tetapi memiliki potensi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga kehadiran Pemerintah Daerah dapat memberi manfaat bagi masyarakatnya dengan harapan dapat menjadikan masyarakat Kota Padangsidimpuan yang Bersinar, Berkarakter Masyarakatnya, Bersih Kotanya, Aman Kotanya dan Sejahtera Masyarakatnya,” kata Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH.

Rektor ITB Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi DEA mengatakan akan memberikan yang terbaik untuk Kota Padangsidimpuan. Mengingat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan pilar dasar dan kewajiban bagi mahasiswa untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pengajaran, serta pengabdian terhadap masyarakat. (bsl)

Bagikan: