Pulihkan Profesi Penyidik Satresnarkoba, Polres Tapsel Teken Komitmen, Ini Isinya…

Bagikan:
Personel Satres Narkoba Polres Tapsel mengikuti kegiatan penandatangan komitmen integritas disaksikan Kapolres AKBP Irwa Zaini Adib, Senin (21/1).

TAPSEL – Demi pemulihan profesi penyidik, Satresnarkoba Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) menandatangani komitmen integritas disaksikan langsung Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib di Aula Pratidina Mapolres Tapsel, Jalan SM Raja Kota Padangsidimpuan, Senin (21/1).

Dalam arahannya, AKBP Irwa Zaini menegaskan, isi komitmen integritas tidak hanya dibaca, namun harus dipedomani. “Jangan hanya dibaca, tapi harus dipedomani apa maknanya untuk pelaksanaan penanganan kasus narkoba,” ungkap Irwa.

Dia juga meminta kepada seluruh personel Satnarkoba, agar memanfaatkan dengan baik peran dan tugas yang diemban untuk memberantas peredaran Narkoba di wilayah hukum Polres Tapsel.

“Narkoba musuh yang paling jahat dan paling sulit diberantas. Dan dapat menggerogoti orang-orang yang kita sayangi,” tukasnya dihadapan Kasat Narkoba AKP Zulfikar dan personel lainnya.

Disaksikan Kapolres dan ditandatangani, penyidik Reserse Narkoba Polres Tapsel berkomitmen, senantiasa menjunjung tinggi harkat dan martabat pribadi dan profesi penyidik serta institusi Polri dengan mengamalkan dan menghormati Tribrata dan Catur Prasetya serta kode etik profesi Polri.

Menjaga soliditas integritas dan solidaritas penyidik demi mewujudkan kepastian hukum yang jujur dan obyektif secara akuntabel.

Kemudian, penyidik akan bersikap dan bertindak secara profesional, obyektif dan bertanggung jawab kepada hukum maupun kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa untuk mewujudkan penyidikan yang cepat, tepat dan tuntas berlandaskan kejujuran serta tidak berpihak.

Lalu, sebagai atasan (Kasatres Narkoba) wajib memberi suri tauladan kepada bawahan dan mengendalikan pelaksanaan tugas serta tidak memberi beban yang dapat menimbulkan penyimpangan anggota. Selanjutnya, sebagai bawahan (anggota Satres Narkoba) wajib melaksanakan tugas sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, menjaga dan mempertahankan integritas serta tidak melakukan penyimpangan yang dapat merugikan instansi Polri. (yza)

Bagikan: