Dilintasi Truk, Jembatan Ambruk

Bagikan:
Warga saat melintasi jembatan ambruk yang menghubungkan antar Desa Aek Natas dan Dolok Godang, Angkola Sangkunur, Tapsel. Tampak satu angkutan berat diduga penyebab kejadian masih berada di lokasi, Kamis (17/1).

TAPSEL – Diduga akibat dilintasi truk dan termakan usia, satu jembatan yang menghubungkan antar desa di Kecamatan Angkola Selatan, Kabupaten Tapsel ambruk, pada Rabu (16/1) malam.

Camat Angkola Selatan Zamhir mengatakan, ambruknya jembatan yang menghubungkan antar desa Aek Natas dengan Dolok Godang itu terjadi pada Rabu (16/1) sekitar pukul 22.30 WIB. Selain karena dilintasi angkutan berat sejenis truk, ambruknya jembatan juga disebabkan kondisi yang sudah tua.

“Kondisi jembatan juga sudah tua, dan dilintasi kendaraan berat. Ukurannya sekitar sepuluh kali empat meter,” terangnya.

Akibat kondisi tersebut, kata Zamhir, menyebabkan terganggunya aktivitas warga. Bahkan, kegiatan belajar mengajar pun diliburkan.

“Aktivitas belajar mengajar terhenti untuk hari ini. Karena sebagian siswa dan guru tinggal di seberang sungai dan harus melewati jembatan tersebut untuk sampai ke sekolah,” terangnya dan menyebut ada satu SD Negeri di sana.

Tak hanya itu, sebagian warga desa Aek Natas dan Dolok Godang juga mengalami kesulitan akses tranformasi dan terisolir. “Sudah kita laporkan ke Pemkab dan Bapak Bupati (Syahrul Pasaribu) juga sudah turun ke lokasi,” terangnya.

Sementara, pihak Kepolisian Resor Tapanuli Selatan yang mendapat laporan tersebut juga ikut bersama turun ke lokasi kejadian.

“Pihak kita juga sudah turun ke lokasi kejadian dan melakukan identifikasi. Ditemukan satu unit truk yang tidak bermuatan dengan nomor polisi BA 8515 PU yang masuk ke dalam sungai,” ungkap Kassubag Humas Iptu Alfian Sitepu.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Pemkab dan instansi lainnya untuk segera membuat jembatan alternatif agar dapat digunakan warga. “Sudah dikoordinasikan, dan segera dibuat jembatan belly agar aktivitas masyarakat dapat kembali lancar,” pungkasnya. (yza)

Bagikan: