Ekonomi Masyarakat Tapanuli Selatan Perlu Dikuatkan

Bagikan:
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, TAPSEL – Perekonomian masyarakat pedesaan di Kabupaten Tapsel, yang mayoritas petani perkebun, perlu diperhatikan dan ditingkatkan.

Salah satunya dengan menjaga nilai tukar produksi petani. Hal ini diungkapkan Efendi Rambe, Sekretaris LSM Pemantau Pembangunan Tapsel (Pemantap).

”Pemerintah perlu meningkatkan perhatian pada peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan. Yaitu dengan menjaga harga komoditas hasil pertanian,” sebutnya.

Saat ini, sambung Efendi, harga karet yang menjadi salah satu andalan masyarakat pedesaan relatif rendah. Sehingga, pemerintah perlu membuat terobosan agar harga karet lebih berpihak pada masyarakat petani.

Disampaikan, sejumlah petani karet di Kabupaten Tapsel, akhir-akhir ini mulai resah. Sebab, harga getah karet yang semakin anjlok. Sementara bulan puasa dan Hari Raya sudah semakin dekat.”Tentu masyarakat sangat membutuhkan dana tambahan,” ucapnya.

Diungkapkannya, di wilayah Kecamatan Aekbilah misalnya, umumnya masyarakat pedesaan mengandalkan tanaman karet dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Sehingga,  dengan harga getah yang saat ini berada dikisaran Rp 6.500 perkilogramnya, dinilai sangat minim.
”Belum lagi harga angkutan,” katanya.

Karena itu sambungnya, pemerintah perlu membuat teroboson, dalam membantu menjaga stabilitas harga komiditas masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat semakin baik. (ran/mt)

Bagikan: