Menu

Pemilihan Boru Namora Duta Karang Taruna! Percepat Visi Misi Tapsel Sehat Cerdas dan Sejahtera

Ketua Karang Taruna Kota Sibolga dalam memberikan dan membekali materi ke Karang Taruna kepada para finalis duta sosial Boru Namora Karang Taruna Tapsel.
SammanSiahaan/MetroTabagsel
Ketua Karang Taruna Kota Sibolga dalam memberikan dan membekali materi ke Karang Taruna kepada para finalis duta sosial Boru Namora Karang Taruna Tapsel.

MetroTabagsel.com-Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan pemilihan Boru Namora sebagai duta Karang Taruna yang akan mengangkat dan  memberikan solusi permasalahan sosial kemasyarakatan di pelosok desa di Kabupaten Tapsel.

Audisi telah dilakukan dari 14 kecamatan seluruh Tapsel. Peserta yang telah menjadi finalis sebanyak 22 peserta dari 117 yang mendaftar. Pada Sabtu (11/11) dan Minggu (12/11) para Boru Namora ini dikarantina sekaligus pembekalan yang diadakan di Eks Kantor Bupati Tapsel dan Mess Provsu.

Menurut Ketua Karang Taruna Tapsel, Ahmad Bangun Ritonga SE dan dari laporan Ketua Panitia Aipda Susanto, pemilihan Boru  Namora, untuk dijadikan duta Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan. Nantinya, mereka memiliki tugas dan fungsi selain menumbuhkembangkan Karang Taruna di Tapsel, juga mengangkat permasalahan sosial kemasyarakatan serta memberi solusi permasalahannya.

Untuk itu, setelah melewati proses seleksi dengan ujian tertulis dan wawancara, para peserta ini juga dibekali pengetahuan dari masing-masing narasumber pada saat karantina. Para Boru Namora ini juga nantinya akan melakukan pembentukan usaha kesejahteraan sosial dan usaha ekonomi produktif, demi mensukseskan visi dan misi Bupati Tapsel, yakni Sehat, Cerdas dan Sejahtera.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada  Pemkab Tapsel, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna, Ny Syaufia Syahrul Pasaribu  yang telah membantu sukses terselanggaranya dalam penetapan duta sosial Karang  Taruna ini. Kegiatan ini  tidak terlepas dari wujud visi dan misi Pemkab Tapsel untuk menjadikan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera,” kata Ketua Karang Taruna, Ahmad Bangun Ritonga.

Harapannya, usai acara pemilihan duta sosial ini, seluruh Boru Namora akan terus dievaluasi dan diberikan inovasi dalam mengembangkan pengetahuannya demi penuntasan permasalahan sosial di desa-desa, dan membantu Pemkab Tapsel agar seluruh masyarakat di seluruh pelosok dapat menjangkau programnya.

“Karang Taruna merupakan bagian dari Pemkab Tapsel dalam membantu programnya, untuk itu, duta sosial karang taruna ini akan observasi ke desa desa dan mengangkat permasalahan sosial masyarakat serta mencari solusinya,” katanya.

Materi yang diberikan pada Boru Namora Duta Karang Taruna ini yakni, tentang Pemberdayaan Karang Taruna oleh Ketua Karang Taruna Kota Sibolga Hendra Syahputra, Penyalahgunaan narkoba oleh BNN Tapsel AKP Bambang , Kewirausahaan dari Dirut BUMD Tapsel Hamdan Nasution, Implemtasi UU Nomor 6 Tentang Desa. serta terakhir Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak oleh Ketua P2TP2A Tapsel, Hubban Hasibuan.

  • Linkedin