Menu

Seleksi Panwascam Tapsel Ada Kejanggalan, Peserta yang Tidak Terdaftar Bisa Lulus

Ilustrasi
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, TAPSEL – Hasil seleksi panitia pengawas pemlihan kecamatan (Panwascam) oleh Panwaslu Kabupaten Tapanuli Selatan dinilai sangat janggal. Peserta yang tidak terdaftar di salahsatu kecamatan yang mengadakan seleksi, namun bisa terdaftar sebagai peserta yang lolos.

Dari data yang diterima METRO TABAGSEL, hasil seleksi yang janggal itu terjadi di Kecamatan Tano Tombangan Angkola. Dari surat Pengumuman Hasil Tes Wawancara Calon Anggota Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Tapanuli Selatan, dengan nomor : P-024/Pokja.Panwas-22/KP.01.00/10/2017. Ditemukan satu nama peserta dari tiga nama yang berhasil lulus, bukan peserta yang ikut seleksi selama ini di Kecamatan tersebut.

Padahal, pada daftar nama peserta di seleksi tahap sebelumnya, ada Triwelki Hutauruk, Tatar Dongoran, Royen Gultom dan Ridwan Azhari Siregar di Kecamatan Tano Tombangan Angkola.

Kejanggalan itu ada dalam hasil seleksi akhir yang dipilih bakal menjadi Panwascam, yakni nama Mursal yang tidak ada sebelumnya, mengiringi nama Triwelki Hutauruk dan Tatar Dongoran.

Nama Mursal sebenarnya ada di dapat di peserta seleksi Panwascam Sayurmatinggi pada seleksi sebelumnya. Namun nama itu kemudian terdepak setelah ditetapkan tiga nama yang berhasil lulus di seleksi terakhir, Hasan Basri Nasution, Hadi Zarnawi Kusuma dan Abdul Jalil.

Hal ini sangat fatal dan sangat berpotensi meruntuhkan integritas anggota Panwaslu Kabupaten Tapsel.

“Harus diragukan kinerja Panwas Kabupaten Tapsel ini karena terindikasi tidak profesional, tidak amanah dan kental dengan nuansa titipan dan diduga permainan money politic dalam perekrutan Panwas Kecamatan di Tapsel,” kata Riza Fakhrumi, sebagai salahasatu aktivis pergerakan mahasiswa.

Mursal tidak pernah terdaftar sebagai peserta calon Panwascam Kecamatan Tantom Angkola, namun tiba-tiba lolos sebagai Panwascam di kecamatan itu, itu dikuatkan dan kemudian juga menjadi tanda tanya bagi Ridwan Azhari Siregar SPdI yang menjadi peserta seleksi di Kecamatan tersebut.

Terkait hal itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Tapsel, SL Simbolon belum bersedia memaparkan alasannya, kendati saat ini, katanya, ia tengah menerima tamu dari Bawaslu Sumut seusai pelantikan seluruh Panwascam terpilih se-Kabupaten Tapsel, Rabu (11/10) ini di Aula salahsatu hotel di Kota Padangsidimpuan. (san/osi)

  • Linkedin