Menu

Indahnya Panorama Gua Sayur Matinggi

Salah satu contoh hasil kerajinan pandai besi masyarakat Sipange, Sayur Matinggi. Kabupaten Tapsel.
Salah satu contoh hasil kerajinan pandai besi masyarakat Sipange, Sayur Matinggi. Kabupaten Tapsel.

Sayur Matinggi Menuju Pilot Project

Kecamatan Sayur Matinggi bertekad sebagai pilot project atau proyek percontohan di daerah itu dalam memajukan desa-desanya.

Mhd Fadhil mengatakan, pihaknya sudah mantap memberikan berbagai pelatihan bagi kepala dan perangkat desanya.
“Delapan belas perangkat (operator) desa dilatih Teknologi Informasi (TI) dan diajari menggunakan membuat ‘Website’,” ujarnya.

Sebelumnya selama tiga hari (3-4-5/7) Kepala Desa dilatih soal program pemberdayaan masyarakat desa.Menurut dia, dengan diberinya pemahaman tentang TI dan menghidupkan sentra-sentra industri kecil (home industri-red), optimis perekonomian desa-desa-nya akan hidup.

Dengan pemanfaatan media TI, seluruh hasil produksi masyarakat nantinya akan bisa lebih dikenal masyarakat luas. “Untuk website desa-desa kita sudah siap akan di launching,” ujarnya.

“Sekuat tenaga kita dorong para Kepala Desa untuk memprogramkan Dana Desa mereka demi berkembangnya potensi ekonomi kerakyatan,” tambahnya.

Apalagi, salah satu nawacita Pemerintahan Joko Widodo saat ini agar bagaimana cara mewujudkan desa Mandiri.
“Ke depan sentra-sentra ekonomi rakyat Sayur Matinggi dapat menjadi cikal bakal ke keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta pemanfaatan TI akan membantu promosi,” sebutnya.

Berbagai sentra ekonomi rakyat desa di Sayur Matinggi saat ini, seperti pandai besi dan beserta kerajinan kulit (Sipange), perbengkelan las (Huta Pardomuan), sirup jeruk organik (Aek Badak Julu).

“Mudah-mudahan apa yang dikerjakan akan menjadi contoh bagi daerah kecamatan maupun ratusan desa-desa lainnya di Tapanuli Selatan,” pungkasnya. (ant/int)

  • Linkedin