Menu

Danau Toba Tidak Biru Lagi

Lake_Toba,_North_Sumatera_(13)
Dabau Toba yang mendunia

MetroTabagsel.com – Terkait ribuan ikan mati di Huta Lontung Danau Toba Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) akibat kekurangan oksigen serta perubahan air tidak membiru lagi melainkan berwarna hijau dan kehitaman, Dinas Ketapang dan Perikanan Taput surati Dinas Perikanan Propsu untuk melakukan penelitian.

Menurut Kepala Dinas Ketapang dan Perikanan Longgos Pandiangan didampingi Sahat Silalahi mengatakan, Selasa (10/1). Danau Toba Kecamatan Muara tidak berwarna biru seperti biasa baru-baru ini mengalami warna kehijauan dan berwarna kehitaman yang dimungkinkan juga pengaruh ikan di Danau mati.

“ Air Danau Toba tampak surut dan diduga karena kekurangan oksigen ikan menjadi ikut serta warana airnya kehijauan dan hitam, ikan-ikan juga banyak mendekat ke pinggir Danau untuk menghindari air Danau Toba yang kehitaman dan hijau, ikan memilih ke pinggiran Danau untuk mencari oksigen,” terang Longgos di Kantornya.

Lanjut Longgos Pandiangan, menanggapi hal itu dari Dinas sudah menyurati Dinas Perikanan Propinsi Sumatera Utara (Propsu) untuk ditanggapi secepatnya.

“ Kita mengirim surat ke Propsu untuk dilakukan penelitian turun ke Taput dan kita sudah berkoordinasi langsung, karena cek alat laboratorium kita belum memadai maka pihak Dinas menyuratinya,”ujarnya.

Kadis Propinsi Sumut Jhon waldi S. Sos menanggapi hal itu menyampaikan, membenarkan ikan mati di di Danau Toba karena kekurangan oksigen dan akan turun langsung ke Kabupaten Taput untuk melakukan penelitian.

“ ikan mati du Danau Toba karena kekurangan oksigen,” ujar Jhon Waldi singkat saat dihubungi melalui telepon seluler Kabid Perikanan Sahat Silalahi.

Adapun pemilik keramba di wilayah Danau Toba Muara Desa Hutalontung yaitu, Ramses Rajagukguk, Albon Rajagukguk, Jepsen Rajagukguk, Hiskiara Rajagukguk, Saroha Sianturi dan Marjuki Lubis.

  • Linkedin
loading...