Menu

Harta Kekayaan Pribadi Syarat Wajib Calon

  • Linkedin
Muktar Helmi Nasution

MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan menegaskan bahwa Harta Kekayaan Pribadi menjadi syarat wajib calon yang harus dipenuhi Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang telah mendaftar.

Sehingga Bapaslon, baik Bakal Calon Walikota maupun Bakal Calon Wakil Walikota harus melaporkan Harta Kekayaan Pribadinya ke Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ya. Itu harus dipenuhi oleh Bakal Pasangan Calon. Tanda terima LHKPN dari KPK itu? menjadi syarat calon yang harus diserahkan ke KPU,” kata Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd, Kamis (18/1).

Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat ini menjelaskan pada saat tahapan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan hanya syarat pencalonan yang wajib untuk diserahkan.

Sementara syarat calon masih bisa dilengkapi pada masa perbaikan, yaitu sampai tanggal 20 Januari mendatang.

“Jika tidak diserahkan, maka Bakal Pasangan Calon tersebut tidak akan ikut penetapan atau tidak ditetapkan sebagai Calon Walikota dan Wakil Wakil Walikota Padangsidimpuan. Itu sesuai aturan,” jelasnya.

Syarat Calon itu sendiri diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia nomor 15 tentang Perubahan Atas PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Itu ditekankan dalam Pasal 4 (Empat), Ayat 1 (Satu), huruf K, yaitu menyerahkan harta kekayaan pribadi,” sambung Muktar.

Dengan? begitu, lanjut Muktar, Bakal Pasangan Calon harus melengkapi syarat calon saat masa perbaikan sebelum diserahkan ke KPU Kota Padangsidimpuan.

“Tanda terima LHKPN dari KPK harus diserahkan saat melengkapi berkas (masa perbaikan, red). Tanda terima yang dimaksud sesuai dengan Surat Edaran KPK nomor 19 tahun 2017,” pungkasnya.

Selain itu, Muktar juga menyampaikan bahwa Bapaslon yang maju melalui Jalur Perseorangan juga harus menyerahkan syarat dukungan yang masih kurang. “Ya. Semua persyaratan calon, harus diserahkan, termasuk syarat dukungan Bapaslon yang masih kurang,” ujarnya.

Diketahui, penyerahan masa perbaikan berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 Januari. (bsl)

  • Linkedin
Loading...