Menu

KPU Psp Gelar Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih

  • Linkedin
Budi Lubis
Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan melaksanakan bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota tahun 2018.

MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Jajaran KPU Kota Padangsidimpuan melaksanakan bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota tahun 2018. Kegiatan berlangsung di Aula STKIP Tapsel-Padangsidimpuan, Rabu (17/1) lalu.

Kegiatan yang bertema “Mari Laksanakan Coklit Serentak dengan Penuh Tanggungjawab untuk Mewujudkan DPT Berkualitas” ini diikuti 524 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serta Ketua PPS dan Ketua PPK se-Padangsidimpuan. Kemudian hadir juga seluruh komisioner dan jajaran KPU.

“PPDP harus dapat memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Melalui kegiatan ini, PPDP diharapkan dapat mengaplikasikan apa yang akan disampaikan nantinya serta bisa melaksanakan tugasnya saat pemutakhiran data pemilih,” kata Ketua KPU Padangsidimpuan Dr Arbanur Rasyid MA saat membuka kegiatan.

Usai pembukaan, jajaran KPU juga membagikan secara simbolis SK Penetapan PPDP yang diwakili 1 orang per kecamatan.

Bimtek ini dihadiri seluruh Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan, mulai dari Ketua KPU Dr H Arbanur Rasyid MA yang juga Koordinator Divisi Teknis, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd sebagai Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Rasid SPd sebagai Koordinator Divisi Perencanaan dan Data, Drs Hatimbulan Siregar, Koordinator Divisi Hukum dan Hotma Ridho Ranto Siregar SAg MSi, Koordinator Divisi Keuangan dan Logistik.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan langsung oleh komisioner KPU. Pemateri pertama, Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat dengan materi yang disampaikan adalah sosialisasi berbasis keluarga untuk mewujudkan keluarga sadar pemilu.

“PPDP harus bersikap melayani, bertutur kata yang sopan dan santun kepada masyarakat saat melakukan pemutakhiran data pemilih. KPU Melayani, itu yang harus ditunjukkan kepada masyarakat,” sebut Muktar saat menyampaikan materinya.

Muktar, sapaan akrabnya, juga membuat suasana Bimtek semakin meriah dengan membuat hiburan yang berkaitan dengan tugas PPDP. Pemateri kedua, dilanjutkan dengan Koordinator Divisi Hukum Drs Hatimbulan Siregar dengan memaparkan tentang prinsip penegakan kode etik penyelenggara pemilu.

Pemateri ketiga, dilanjutkan dengan penyampaian dari Koordinator Divisi Keuangan dan Logistik Hotma Rido Ranto SAg MSi dengan memaparkan tentang jenis-jenis logistik PPDP. Sesi penyampaian ketiga ini juga diisi permainan yang dibawakan pemateri untuk membuat peserta lebih paham tentang tugas dari PPDP.

Pemeteri terakhir, Koordinator Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Rasid SPd memaparkan tentang tata cara pengisian buku kerja PPDP. Pada kesempatan ini, Rasid menekankan bahwa kunci data pemilih yang berkualitas berada di pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan PPDP.

“Ujung tombak dari pemilihan ini adalah pemutakhiran data pemilih. Kalau pemutakhiran data pemilih tidak sesuai, maka tahapan berikutnya tidak akan berjalan dengan baik. Maka sangat kita harapkan PPDP bisa menghasilkan data yang berkualitas saat pelaksanaan pemutakhiran nanti,” jelasnya.

Setelah Ishoma, Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi dan rule play pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Sebelumnya, kegiatan dimulai dari pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan yang disampaikan oleh Kasubbag Program dan Data Sahlan Basri Siregar SH. (bsl/hez)

  • Linkedin
Loading...