Menu

Banyak Warga Tak Merasakan Gempa

  • Linkedin
BMKG
Gempa mengguncang wilayah Mandailing Natal hingga terasa ke Sidimpuan

MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mencatat terjadinya gempa dengan kekuatan 4,0 SR di wilayah Kota Padangsidimpuan, Kamis (11/1) sekitar pukul 03.53 WIB. Meski masuk kategori menengah, namun banyak warga yang tidak merasakannya.

“Info Gempa Mag:4.0 SR, 11-Jan-18 03:53:39 WIB Lok: 1.28 LU, 98.89 BT (di darat, 47 Km barat daya Padangsidimpuan), kedalaman:64 Km,” Demikian isi pesan yang diterima dari BMKG.

Kepala Bidang Pelayanan dan Data BMKG Wilayah I Medan Syahnan memaparkan, pihaknya mencatat telah terjadi gempa dengan kekuatan magnitude 4,0 skala richter (SR) di wilayah Padangsidimpuan. Gempa yang terjadi, kata Syahnan, berlokasi di 1.28 lintang utara (LU), 98.89 bujur timur.

“Lokasinya di darat sekitar 47 kilometer arah barat daya Kota Psp,” terangnya.

Pihaknya menganalisis, berdasarkan kedalaman hiposenter gempa, yaitu 64 kilometer, masuk dalam kategori menengah dan sangat kecil dirasakan.

“Memang melihat kondisinya, sangat kecil untuk dirasakan warga. Dan yang merasakan juga hanya orang yang berada di sekiar lokasi saja,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa gempa itu hanya tercatat lewat peralatan seismograph.

Jika dilihat dari jenisnya, kata Syahnan, gempa bumi yang terjadi adalah jenis tektonik..

Untuk itu ia mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak terpengaruh atas isu atau informasi yang tidak bersumber dari BMKG. “Jangan terpengaruh dengan isu gempa yang tidak dari kami dan tetaplah tenang.” pungkasnya.

Sementara itu menurut warga, banyak yang tidak merasakan gempa yang terjadi. Ataupun jika ada yang merasakan, getarannya tidak kuat.

“Ada memang, tapi tidak begitu kuat. Dan malah banyak yang tidak merasakannya. Apalagi gempa terjadi saat warga sedang terlelap tidur,” terang beberapa warga.

Hujan Ringan Masih Terjadi

BMKG Wilayah I Medan juga mencatat, hasil prakiraan cuaca di wilayah Sumut hingga tiga hari kedepan diprediksi berawan dan adanya hujan dengan intensitas ringan. Begitu pula untuk beberapa wilayah di Tabagsel, seperti Padangsidimpuan, Tapsel, Paluta, Palas dan Madina.

“Prakiraan cuaca selama tiga hari kedepan di beberapa wilayah di Sumut akan terjadi berawan dan juga disertai hujan ringan,” ungkap Syahnan.

Begitupun, untuk wilayah yang rawan dan potensi terjadi bencana, Syahnan mengingatkan agar selalu dan tetap waspada.

“Potensi hujan masih ada terjadi, meski dengan instensitas ringan, namun untuk dampaknya seperti banjir, longsor dan lainnya harus tetap diwaspadai.” pungkasnya. (yza/hez)

  • Linkedin
Loading...