Menu

Sah! Empat Pasangan Balon Daftar ke KPU

Ilustrasi
MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Sebanyak empat Bakal Pasangan bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan sebagai calon kandidat Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018.
Hal itu sesuai dengan hasil tahapan pendaftaran sejak jadwal pendaftaran dibuka dari Senin (8/1) hingga Rabu (10/1) pukul 24.00 WIB ditutup oleh KPU Kota Padangsidimpuan.
Keempat Bakal Pasangan Calon yang mendaftar tersebut ialah H Muhammad Isnandar Nasution SSos dan DR Ali Pada Harahap MPd mendaftar pada Senin (8/1). Bakal Pasangan Calon ini diusung oleh Partai PDIP, PKB, Partai Nasdem, PKPI dan PBB.
Hari kedua, Selasa (9/1), ada dua bakal pasangan calon yang mendaftar. Keduanya merupakan bakal pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan (Independen, red) setelah sebelumnya telah menyerahkan syarat dukungan ke KPU walaupun masih dalam tahap perbaikan.
“Hari Kedua, pagi harinya yang mendaftar ke KPU Bakal Pasangan Calon Drs Hailullah Harahap MM dan Drs Amas Muda Hasibuan. Siangnya, Bakal Pasangan Calon yang mendaftar Irsan Efendi Nasution SH dan Ir H Arwin Siregar,” kata Koordinator Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Muktar Helmi Nasution SPd I MPd.
Bakal pasangan calon yang maju melalui jalur perseorangan masih ada diberikan waktu untuk melengkapi syarat dukungan yang masih kurang dari syarat minimal yang berjumlah 14.472 dukungan. Apabila telah terpenuhi, maka bakal pasangan calon jalur perseorangan akan dapat mengikuti tahapan penetapan pasangan calon tanggal 12 Februari dan pengundian nomor urut Pasangan Calon tanggal 13 Februari.
“Ya, betul. Itulah yang harus dilengkapi Bakal Pasangan Calon Jalur Perseorangan. Setelah dilengkapi, akan ada juga Penelitian Administrasi secara manual dan kemudian akan diverifikasi secara kolektif oleh petugas PPS,” jelas Muktar.
Pada hari terakhir jadwal pendaftaran, lanjut Muktar, bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU Kota Padangsidimpuan H Rusydi Nasution STP yang berpasangan dengan Drs H Abdul Rosad Lubis MM. “Bakal Pasangan Calon ini didukung oleh Partai Gerindra, Partai Hanura, Partai PAN, dan PPP serta PKS (non kursi atau tidak ada kursi di DPRD),” kata Muktar.
Muktar juga menyampaikan, jajaran KPU Kota Padangsidim?puan terus membuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB pada hari terakhir.
“Kita tetap menunggu, tidak ada lagi yang datang hingga waktu terakhir penutupan pendaftaran. Dengan begitu, keempat bakal pasangan calon yang telah mendaftar ke KPU akan mengikuti tahapan berikutnya,” pungkasnya. (bsl) 

  • Linkedin
Loading...