Menu

Mengancam Lingkungan dan Kesehatan Warga Minta TPA Batubola Dipindahkan

Lokasi TPA Batubola yang sampai saat ini masih berada di Desa Simatohir, Kota Padangsidimpuan.
SammanPohan/Metr Tabagsel
Lokasi TPA Batubola yang sampai saat ini masih berada di Desa Simatohir, Kota Padangsidimpuan.

MetroTabagsel.com- Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batubola sampah yang sampai saat ini masih berada di Desa Simatohir, Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu terus dikeluhkan banyak warga.

Pasalnya, lokasi TPA yang juga berdekatan dengan warga di Padangsidimpuan Batunadua, sudah sangat membuat resah akibat saluran air dan sungai tercemar.

Kekesalan warga tersebut diungkapkan langsung kepada Ketua Komisi VII DPR RI H Gus Irawan Pasaribu yang saat itu melakukan reses di Kelurahan Batunadua Jae, Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (11/11) lalu.

“Pemerintah hanya janji-janji saja, tapi belum ada realisasinya soal tempat pembuangan sampah di Batubola yang sampai hari ini belum juga dipindahkan,” ungkap salah seorang warga bermarga Harahap saat menyampaikan uneg-unegnya.

Menurutnya, lokasi TPA Batubola yang ada saat ini sudah tidak layak lagi, bahkan semakin hari semakin meresahkan.

“Saluran irigasi dan sungai yang biasanya bersih, hari ini sudah tercemar. Kami sebagai warga yang masih banyak menggunakan air dari sungai dan irigasi jadi takut dan khawatir,”  jelasnya.

Kepada Gus Irawan, warga berharap apa yang diinginkan mereka yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat banyak harus disahuti dan direalisasikan.

“Kami minta secepatnya dipindahkan, jangan lagi kami menunggu dan mendapat harapan-harapn yang tak pasti,” tukasnya.

Mendengar keluhan warga, Gus Irawan pun meresponnya. Ia akan mendesak pemerintah setempat segera merelokasi TPA dari lokasi sebelumnya ke daerah yang sudah ditentukan.

“Kita akan desak pemerintahnya, kalau itu memang sudah merugikan warga banyak,” jelas pria yang akrab dipanggil Bang Gus ini.

Dia juga mendukung penuh kegiatan-kegiatan warga yang bertujuan untuk peduli terhadap lingkungan, apalagi sebagai Ketua Komisi VII di DPR RI, Bang Gus juga fokus membidangi masalah-masalah lingkungan.

“Inilah gunanya reses, untuk menampung aspirasi dan keluhan masyarakat. Jadi soal tempat pembuangan sampah yang dikeluhkan, kita minta secepatnya untuk dipindahkan,” kata Ketua DPD Gerindra Sumut ini.

Sebagai bentuk rasa peduli dan cinta kepada lingkungan, Gus meminta kepada seluruh warga mulai dari tingkat lorong, dusun dan lingkungan agar rutin melakukan kegiatan gotong royong.

“Dengan kegiatan gotong-royong, lingkungan di sekitar pasti akan terjaga. Saluran air lancar, bersih serta dapat meningkatkan pendapatan bagi warga yang mata pencahariannya dari bertani. Dan itu sangat saya apresiasi sekali. Jadi harus terus digalakkan,” ungkapnya dan salut atas kegiatan gotong royong yang dilakukan warga di lingkungan I,II dan III Kelurahan Batunadua Jae.

  • Linkedin