Menu

PP PAC Psp Selatan Santuni Veteran dan Berziarah ke Makam Pahlawan

Wakil Ketua dan Sekjen MPC PP Kota Psp saat menabur bunga di pusara pahlawan.
SammanSiahaan/MetroTabagsel
Wakil Ketua dan Sekjen MPC PP Kota Psp saat menabur bunga di pusara pahlawan.

MetroTabagsel.com-Dalam memperintgati hari pahlawan, Jumat (10/11) kemarin, Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Padangsidimpuan Selatan menyantuni para veteran yang tergabung dalam LVRI serta berziarah ke komplek pusara pahlawan di Taman Makam Bahagia, Kota Psp.

Kegiatan dimulai dengan pelafalkan ayat suci Al Quran oleh Bendahara PAC, Abdul Rahim. Ketua Panitia Ali S Gultom melaporkan, memperingati hari Pahlawan Nasional ini, selain memberi santunan kepada veteran juga mengadakan acara tabur bunga di Taman Bahagia.

Sebagai pemerintahan setempat, Camat Psp Selatan, Salim Siagian berharap kegiatan serupa yang sangat bermanfaat akan selalu diadakan rutin.

“Saya juga apresiasi kepada Pemuda Pancasila (PP) yang sering mengadakan acara seperti ini, dan membantu orangtua kita yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan ini. Semoga orangtua kita ini akan tetap sehat dan kuat. untuk ke depan, tetaplah kita seperti ini mengadakan bakti sosial. Kami baggga,” tuturnya dalam sambutannya.

Ketua MPC PP Kota Psp yang diwakili Sekjen MPC PP Kota Psp Dedi Faisal Hasibuan mengungkapkan bahwa Pemuda Pancasila dalam sejarahnya lahir dari tangan-tangan pejuang yang ingin mempertahankan Pancasila sebagai ideologi utama NKRI.

“Dan kita tahu, angkatan bersenjata adalah buah dari tentara rakyat, pejuang-pejuang yang kini telah menjadi veteran, dan merekalah orangtua kita.  Mereka hari ini semakin sedikit seiring perjalanan hidup. Maka mereka harus lebih kita sayangi dengan warisan semangat yang dimilikinya,” ungkapnya

Kepada para Veteran, Dedi Faisal berjanji, Pemuda Pancasila akan senantiasa menjaga Indonesia dan Pancasila sebagai satu-satunya idiologi bangsa yang selama ini telah dipertahankan para pejuang bangsa.

Mewakili ketua LVRI H Rubingan, menerangkan Veteran dan Veteran Janda itu ada 33 orang.

“Yang ada disini yang kami urus, veteran kota ada 33 orang dan Janda veteran ada 63 orang

Harus dibedakan janda veteteran dengan veteran janda. Veteran Janda adalah perempuan yang dahulu ikut berjuang, sementara janda veteran adalah istri dari veteran yang dulu berjuang. Kemudian yang akan berziarah silahkan, kami tidak ikut karena sudah berziarah tadi pagi. Tidak dibenarkan jika kami berziarah lagi dalam hari yang sama. Kami selaku orangtua sangat mendukung,” tutur bunga bangsa itu.

Selanjutnya, seluruh pengurus PAC PP Psp Selatan yang dipimpin Edi S Daulay itu berziarah dan tabur bunga di Taman Makam Bahagia sebagai komplek pemakaman para pahlawan di Kota Psp. (san/osi/mtabag)

 

  • Linkedin