Menu

26 Oktober, 42 Desa di Psp Gelar Pilkades

1003-006-pilkades
Ilustrasi

MetroTabagsel.com-Rencananya 26 Oktober mendatang, Kota Padangsidimpuan akan menggelar Pilkades serentak. Namun, dari enam kecamatan yang ada di wilayah itu, hanya empat kecamatan atau 42 desa yang akan melakukan Pilkades.

“Ada 42 desa dari empat kecamatan yang ikut Pilkades. Yaitu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Angkola Julu, Batunadua dan Hutaimbaru,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa se-Kota Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis.

Pria yang juga menjabat sebagai Asisten 1 Pemko Padangsidimpuan ini mengatakan, adapun 42 desa tersebut yaitu, untuk Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Desa Huta Lombang, Huta Padang, Manegen, Tarutung Baru, Perkebunan Pijor Koling (PK), Salambue, Labuhan Rasoki, Manunggang Jae, Purbatua Pijor Koling (PK), Huta Limbong, Sigulang, Goti, Huta Koje, Manunggang Julu, Labuhan Labo dan Desa Palopat Pijor Koling (PK).

“Untuk Padangsidimpuan Tenggara ada 16 desa dan akan diikuti 45 calon,” ujarnya.

Selanjutnya, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua yaitu Desa Baruas, Batang Bahal, Pudun Julu, Aek Najaji, Purwodadi, Aek Tuhul, Siloting, Gunung Hasahatan, Aek Bayur, Simirik, Pudun Jae, Bargottopong dan Ujung Gurap.

“Untuk Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua ada 13 desa dan diikuti 36 calon Kepala Desa yang akan bertarung pada Pilkades 2017 ini,” ucap mantan Kepala Bappeda Kota Padangsidimpuan ini.

Berikutnya, untuk Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, yaitu Desa Mompang, Rimba Soping, Joring Natobang, Joring Lombang, Simatohir, Simasom, Pintu Langit Jae, dan Desa Batu layan.

“Di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Jula ada delapan desa yang akan menggelar Pilkades dan diikuti sebanyak 22 Calon Kades,” sebutnya.

Selanjutnya, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, yaitu Desa Huta Padang, Partihaman Saroha, Sabungan Sipabangun, Singali, dan Tinjoman Lama.

“Dan di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, akan dilakukan di lima desa yang ada dan diikuti sebanyak 16 calon Kades yang sudah mendaftar,” terang Iswan.

Nantinya, para calon yang akan bertarung, lebih dulu harus berkomitmen dan dibuktikan dengan penandatanganan Pakta Integritas. Tujuannya, agar Pilkades yang digelar nanti bisa berjalan damai, jujur, adil dan demokratis.

“Harus siap kalah, dan juga tentunya harus siap menang,” pungkasnya. (yza/mtabag)

  • Linkedin