Menu

Baznas Psp Gelar Seminar

Asisten I Pemko Psp Dr Alipada Harahap bersama Ketua Baznas Psp Agus Salim Daulay, Anggota DPRD Irsan Efendi Nasution dan Kasubbag TU Kemenag H L Siregar saat membuka kegiatan seminar, beberapa waktu lalu.
Asisten I Pemko Psp Dr Alipada Harahap bersama Ketua Baznas Psp Agus Salim Daulay, Anggota DPRD Irsan Efendi Nasution dan Kasubbag TU Kemenag H L Siregar saat membuka kegiatan seminar, beberapa waktu lalu.

MetroTabagsel.com, SIDIMPUAN – Untuk mengimplementasikan Undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padangsidimpuan menggelar kegiatan muzakaroh (seminar) tentang pengelolaan zakat, infaq dan sedekah, Senin (7/8) di Aula Kantor Baznas.

Seminar yang bertujuan memberikan penguatan terhadap lembaga Baznas dibuka Walikota Psp yang diwakili Asisten I Alipada Harahap dengan narasumber Ketua Baznas Kota Psp Drs H Agus Salim Daulay MAg dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Psp Drs H Zulfan Efendi Hasibuan MA

Asisten I, Dr Alipada Harahap mengatakan, pengelolaan zakat, infaq dan sedekah bukan hanya sekedar mengumpulkan dan menyalurkan secara terbuka dan transparan.

Tetapi ada pendidikan dan edukasi kepada masyarakat dalam menyalurkan zakat. Sehingga tidak dicampur antara zakat, infaq dan sedekah.

“Masih ada masyarakat (muslim) yang kurang sadar untuk menunaikan kewajibannya membayar zakat sesuai syariat Islam dan harus dapat dibedakan antara sedekah dan zakat. Dalam menyalurkannya Baznas melakukan verikasi terhadap calon penerima zakat dan ini butuh dana,” kata Alipada.

Ketua Baznas Psp Agus Salim Daulay menegaskan, Implementasi Undang-undang nomor 23 tahun 2011 perlu segera diwujudkan dalam memaksimalkan pengelolaan zakat, infaq dan sodaqoh.

”Sesuai amanat undang-undang yang ditindaklanjuti dengan Inpres nomor 3 tahun 2014, maka pengurus Baznas terdiri dari komisioner dan sekretariat,” jelas Agus Salim.

Sementara Ketua Panitia Seminar, Ratonggi Hasibuan MA menjelaskan peserta kegiatan tersebut 93 orang sebagai perwakilan SKPD, Polres Psp, Kodim 0212/TS, Kejaksaan, Pengadilan, Kantor Pajak, MUI Kecamatan, KUA Kecamatan, BKM, ormas dan perwakilan sekolah. (bsl)

  • Linkedin
loading...