Menu

Disduk Palas Lakukan Rekam e-KTP di Sekolah

Ilustrasi

MetroTabagsel.com, PALAS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Lawas membuat terobosan turun ke sekolah-sekolah untuk perekaman data. Itu dilakukan agar anak sekolah yang sudah berusia 17 tahun ke atas mendapat kesempatan menggunakan hak pilih dalam Pilkada serentak 27 Juni mendatang.

Kepala Bidang Pendataan Penduduk Disdukcapil Padang Lawas Darwin Lubis mengatakan, sudah beberapa sekolah yang mereka datangi dan dilakukan perekaman. Tentu, sekolah yang didatangi pun hanya sekolah jenjang SMA sederajat.

Siswa yang berusia 17 tahun ke atas pun berkesempatan ikut perekaman. Dengan begitu, mereka kan mendapatkan KTP tanpa mendatangi Kantor Dinas Kependudukan.

Hanya, sebelumnya, perekaman dilakukan untuk mereka yang sudah ber-usia 17 tahun ke atas saat perekaman. Saat ini, mereka yang masih kurang usia 17 tahun pun, tapi saat hari H pemilihan usianya capai 17 tahun, sudah bisa melakukan perekaman.

“Memang masih kita tunggu aplikasinya. Jadi, mereka yang kelahirannya di bawah tanggal 27 Juni 2001 sudah bisa perekaman,” terang Darwin.

Ditambahkan, hal itu dilakukan untuk mempermudah pemilih pemula menggunakan hak pilihnya. Sebab, meskipun KTP belum keluar, sudah bisa menggunakan hak pilihan dengan menunjukkan surat keterangan (suket) dari Disdukcapil.

“Karena itu, kita sudah menyuari sekolah dan meminta kesediaan mereka. Tim kita akan siap turun ke sekolah melakukan perekaman,” tambah Darwin lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 32 ribu lebih warga Kabupaten Padang Lawas tercatat belum melakukan rekam KTP elektronik atau e-KTP. Padahal, untuk terdaftar nanti sebagai pemilih,salah satunya harus sudah memiliki e-KTP.

Diyakini, jumlah itu termasuk kalangan pemilih pemula. (lay)

  • Linkedin
Loading...