Menu

SMKN 1 Sosa Berangkat Siswa PKL ke Luar Daerah

Kepala SMKN 1 Sosa, Rustam Efendi Pohan menyerahkan baju PKL siswa saat pemberangkatan, baru-baru ini.

MetroTabagsel.com, PALAS – Sebanyak 210 siswa kelas XI SMK Negeri 1 Sosa menjalani masa PKL (praktik kerja lapangan) selama tiga bulan ke depan, sampai pertengahan April mendatang. Sebagian besar siswa menjalani PKL di luar daerah, bahkan ada yang memilih ke Pulau Jawa.

Pemberangkatan pun sudah dilakukan. Didampingi masing-masing guru pembimbing, para siswa ini diantar langsung ke tempat PKL.

Kepala SMKN 1 Sosa, Rustam Efendi Pohan saat ditemui Rabu (10/1) mengatakan, PKL merupakan satu kurikulum yang harus diikuti siswa SMK. Ini sejalan dengan tujuan pendidikan, link and match atau sesuai kebutuhan kerja.

“Nanti, di tempat PKL, siswa akan mendapat pelajaran dari sana. Mereka akan terjun langsung ke lapangan,” kata Rustam.

Untuk tahun ini, tempat PKL siswa, di antaranya P4TK Pertanian Cianjur Jawa Barat, Balai Induk Holtikultura Medan, dan PT Simalem Resort Berastagi. Kemudian, ada juga yang memilih tempat PKL di Webmedia.com Medan, PT Indonesia Comnet Plus, Astra Daihatsu dan Astra Toyota Medan.

Tak hanya itu, ada juga yang PKL di Tata Motor Medan dan PT Capella Pekanbaru. “Tapi ada juga yang PKL di Padang Lawas sendiri. Ada yang di PTPN IV Sosa dan juga PT TAB,” terang Rustam.

“Harapannya, lewat PKL ini, ilmu yang didapatkan lebih baik,” tambah Rustam lagi.

Memang, dikatakannya, dari sebagian prodi yang ada, belum semuanya ada di Kabupaten Padang Lawas untuk tempat praktek yang memadai. Terlebih, belum ada balai latihan kerja di daerah ini.

Saat ini, di SMKN 1 Sosa, ada lima prodi yang digeluti siswa, yakni prodi Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Prodi teknologi pengolahan hasil pertanian, Prodi Mekanisasi Pertanian, Prodi Teknik Kendaraan Ringan, Prodi Teknik Komputer dan Jaringan dan Prodi Administrasi Perkantoran. (lay)

  • Linkedin