Menu

Tekan Angka Golput, KPU Sasar Sekolah-sekolah

(f/parningotan)
Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay memberikan paparan kepada peserta pemilih pemula yang mengikuti sosialisadi KPU Palas.

METRO TABAGSEL.COM, PALAS- Dalam rangka peningkatan partisipasi pemilih pemula di Pemilu 2019, KPU Palas gencar melaksanakan sosialisasi di kalangan pelajar tingkat SLTA.

Sasaran kali ini digelar, Rabu (6/12) di Aula Hotel Barumun Sibuhuan. Pemateri sosialisasi disampaikan Divisi SDM dan Parmas KPU Amran Pulungan.

Dia memaparkan tentang pendidikan politik. Yakni salah satu instrumen penting, untuk mengukur kualitas pemilu, dan yang dinamakan pemilih pemula adalah pelajar  minimal umur 17 tahun. Kualitas pemilu bisa diukur tiga hal yaitu penyelenggaraan berintegritas, calon pemilih berkualiatas dan cerdas.

“Sosialisasi ini dalam rangka memberikan pendidikan politik kepada
kelompok pemilih pemula,” ujar Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan.

Amran menambahkan, dimana syarat-syarat menjadi penyelenggara pemilu di tingkat PPK/PPS/KPPS harus berusia minimal 17 tahun.

“Kita lihat semangat dalam undang-undang itu, salah satunya adalah mengakomodir kepentingan anak-anak muda. Bisa berpartisipasi secara langsung dan maksimal dalam penyelenggaraan pemilu,” tambahnya.

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay SAg diwakili Komisioner Divisi Keuangan dan Logistik Rahmat Effendi Siregar SS mengatakan, peserta yang ikut dalam sosialisasi tersebut kurang lebih 60 siswa sekolah SMA sederajat se-Kabupaten Palas, yang usianya rata-rata 17 tahun.

“Tujuan kegiatan adalah agar pemilih pemula cerdas dalam menggunakan hak pilihnya. Jadi tidak salah pilih nantinya. Memilih calon yang mereka pilih bisa memperjuangkan kepentingan dan harapan anak-anak muda,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. Menurutnya, sosialisasi dilakukan oleh KPU mengingat pendidikan politik bagi pemilih adalah, sebuah keniscayaan untuk menghasilkan pemilu yang lebih baik, dan berkualitas.

“Kami lihat ini sangat penting untuk memberikan pemahaman pendidik politik kepada pemilih pemula, yang merupakan anak-anak muda. Ya terlebih bagi kalangan pelajar, atau kelompok pemilih pemula,” katanya.

Kegiatan sosialisasi turut menghadirkan pemateri Kapolsek Barumun AKP Sudirman SH, Divisi Parmas dan SDM KPU Palas Amran Pulungan, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Darwin Lubis serta Ketua Panwaslih Kabupaten Palas Abdul Rahman Daulay. (tan)

  • Linkedin