Menu

Jalan Hapung Juga Harus Diperlebar

Ilustrasi.
INT
Ilustrasi.

MetroTabagsel.com, PALAS – Pengerjaan jalan tembus dari Kabupaten Padang Lawas (Palas) ke Kabupaten Madina sudah dimulai. Namun, jalan menuju Desa Hapung sendiri masih terlalu kecil.  “Kalau jalan ini nanti sudah dibuka, tak mungkin lagi jalannya sesempit sekarang ini,” kata S Lubis warga Sayur Mahincat, kemarin.

Memang saat ini, jalan menuju Desa Hapung ini masih sangat sempit. Lebar hanya dua meter. Kurang tepat bila jalan yang menghubungkan dua kabupaten nanti dengan lebar hanya dua meter.

“Maunya lebar lima meterlah nanti,” tambah Lubis.

Pembukaan jalan Palas-Madina sendiri saat ini tinggal 8 kilometer lagi, sudah tembus jalan yang memotong hutan bukit barisan itu.  Sebelumnya, Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO)  bersama Asisten Logistik (Aslog)  Kodam I/BB Kolonel Arm Irfan Siddiq sudah meninjau pembangunan jalan yang sudah dikerjakan dalam waktu sebulan terakhir.
Rombongan saat itu langaung melewati jalan yang dibuka, sampai ke Desa Aek Nabara Mandailing Natal.

Memang terasa, kondisi jalannya sebagian cukup terjal. Ya, karena yang dipotong sebagian besar berupa perbukitan.  Pengerjaan jalan ini diperkirakan sepanjang 50 km, terdiri dari ruas jalan Kabupaten Palas panjang lebih kurang 28 km lebar 12 meter dan ruas jalan Kabupaten Madina panjang 22 km. (lay/mt) 

  • Linkedin