Menu

Perkuliahan IPB PSDKU Palas Dimulai 

Awal perkuliahan IPB PSDKU Palas dimulai, Senin (9/10).
Parningotan/Metro Tabagsel
Awal perkuliahan IPB PSDKU Palas dimulai, Senin (9/10).

MetroTabagsel.com, PALAS – Perkuliahan Program Study Diluar Kampus Utama (PSDKU) kampus IPB di Kabupaten Palas resmi dimulai, Senin (9/10). Tiga dosen IPB telah hadir pada tatap muka perdana ini. Antara lain Andri Iskandar SPi MSi MSc selaku dosen Perikanan, Hidayati Fatchur Rochmah SP MSi, dan Dudi Firmansyah SPt MSi.

Ketiga dosen yang ditugaskan langsung dari IPB Bogor ini siap melaksanakan perkuliahan perdana. Tak ketinggalan Wakil Bupati didampingi sejumlah dinas terkait turut meninjau awal perkuliahan ini.

Dihadapan 93 mahasiswa/i IPB PSDKU Palas ini, Wakil Bupati memotivasi agar kesempatan emas ini dimanfaatkan sebenar-benarnya. Sebagai mahasiswa pilihan diawal PSDKU ini, kiranya dapat menjadi contoh untuk calon mahasiswa tahun berikutnya.

“Ini adalah rezeki buat kita warga di Kabupaten Palas. Meski tak menutupi kemungkinan akan ada putra/i dari daerah lain. Sebab, warga kita tak perlu jauh-jauh lagi ke Bogor, cukup di Palas saja sudah bisa kuliah di IPB. Tentu ini sangat membantu buat kita semua, warga tak perlu ragu, IPB PSDKU Palas akan jalan terus,” tukas Wakil Bupati drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu optimis di hadapan mahasiswa.

Tidak sampai di situ, segala sarana dan prasarana PSDKU ini, Pemkab Palas siap memfasilitasi. Baik teori ataupun praktek. Seperti ruang belajar yang dilengkapi AC, kursi dan meja belajar yang disesuaikan dengan kampus utama IPB.

“Ini buktinya kita serius, hari ini perkuliahan perdana sudah mulai. Dan dosennya pun sudah ada dihadapan kita bersama,” sebut Zarnawi.

“Senin depan 16 Oktober, direncanakan Pak Bupati akan menghadirkan Pangdam dan Gubsu untuk lounching perkuliahan perdana nanti,” tambah mantan Kepala Puskesma Sosa ini.

Terkait ketersediaan sarana praktek mahasiswa dari tiga jurusan ini jauh hari sudah dikoordinasikan ke dinas-dinas terkait. Seperti jurusan Perkebunan siap difasilitasi dinas Pertanian dan Perkebunan. Jurusan Peternakan dan Perikanan siap difasilitasi dinas Peternakan dan Perikanan.

“Sebelum perkuliahan dimulai, kita yang mendampingi dosen IPB langsung berkoordinasi dengan dinas-dinas itu. Segala praktek mahasiswa ini disiapkan,” tandas Kadis Pendidikan melalui Sekretaris Zufri Nasution SPd.

Untuk diketahui, sistem perkuliahan mahasiswa/i ini nantinya akan didominasi praktek. Bisa dikarkulasikan mahasiswa akan menerima teori 20-40 persen, dan praktek 60-80 persen. Gedung kampus yang dipakai saat ini, bekas kampus STKIP kelas jauh, di lokasi SMK Al Habibi Sibuhuan. (tan) 

  • Linkedin