Menu

BISA, BETERNAK LELE TANPA KOLAM

Ir Abu Bakari
Ir Abu Bakari

MetroTabagsel.com-Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Padang Lawas terus mengajak masyarakat untuk membuat usaha alternatif, salah satunya beternak lele di pekarangan rumah. Ternyata, beternak lele tidak harus memiliki kolam, tapi bisa juga dengan menggunakan terpal.

Untuk tahun ini, ada empat lokasi di Padang Lawas yang dijadikan demplot atau percontohan pembudidayaan ikan lele ini di pekarangan rumah dengan menggunakan terpal. Keempatnya, yakni di Desa Janji Lobi satu kelompok, desa Paran Batu satu kelompok, Desa Janji Matogu satu kelompok dan Desa Pagaran Silindung satu kelompok.

“Kita membuat demplot, nanti mereka yang mengembangkan sendiri. Untuk demplot ini, kita berikan terpalnya, bibit dan pakannya. Masyarakat cuma memelihara,” kata Ir Abu Bakari. Kepala Diskannak Palas, kemarin.

Tentu, dikatakan Bakari, usaha alternatif ikan lele seerti ini diperlukan untuk menambah penghasilan keluarga. Terlebih, pasar ikan lele di daerah ini masih terbuka luas.

“Ikan lele ini gampang hidupnya. Pasarnya jelas,” tambah Bakari.

Memang, dikatakannya, ternak ikan lele di pekarangan rumah ini menjadi program dari Diskannak Palas untuk dikembangkan di masyarakat. Karena itu, demplot atau percontohan ini diharapkan akan memacu semangat warga, dan membuktikan bahwa beternak lele ini mudah dilakukan. (lay)

 

  • Linkedin
loading...