Menu

APBD Palas Rp1,09 T

apbd-1
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, PALAS – Akhirnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Padang Lawas 2017 ditetapkan. Nilainya Rp1.096.235.641.140,65. Penetapannya dilakukan lewat paripurna DPRD Palas yang digelar di Gedung DPRD Palas, Rabu (11/1).

Dari total anggaran itu, sebesar Rp622.103.492.236,80 merupakan belanja tidak langsung. Sementara, untuk belanja langsung sebesar Rp474.132.148.813,85.

Terlihat hadir saat paripurna tersebut, Wakil Bupati Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu C Ht yang didampingi Sekda Syamsul Anwar Lubis. Turut pula hadir, seluruh pimpinan SKPD, camat dan juga stakeholder terkait.

Wabup Palas dalam sambutannya mengatakan, proses penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017 telah disesuaikan dengan Permendagri Nomor 31 tahun 2016 tentang pedoman penyusunan APBD tahun Anggaran 2017.

“Terlaksananya mekanisme tersebut, merupakan wujud kepedulian dan kerja keras bersama antara Pemda dan DPRD Palas, dalam mengimplementasikan regulasi peraturan pemerintah, terutama dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah untuk mencapai tujuan visi dan misi pembangunan yang tertuang dalam dokumen perencanaan Kabupaten Palas,” terangnya.

Dikatakan, pembahasan APBD juga tentu melalui mekanisme konsultasi, klarifikasi serta konfirmasi antara Pemerintah dan DPRD Palas dalam pembahasan materi sidang yang disertai pengungkapan pendapat/argumentasi yang dilaksanakan dalam suasana demokratis, musyawarah dan mufakat.

“Tujuannya untuk menghasilkan yang terbaik bagi kepentingan daerah. Hal itu merupakan cerminan fungsi kesetaraan dan kemitraan antara DPRD dan Pemda dalam mewujudkan kewenangan dalam rangka penyelenggaraan otonomi yang seluas-luasnya dalam bingkai NKRI,”jelasnya. (lay/mt)

  • Linkedin