Menu

53 Koperasi Bakal Dihapus

Ilustrasi
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, PALAS – Sebanyak 53 unit usaha koperasi di Kabupaten Padang Lawas akan dihapus karena tidak aktif. Penghapusan ini sesuai dengan perintah pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi, agar semua koperasi yang dibina harus koperasi yang aktif.

Plt Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskoperindag dan UMKM) Palas Dingin Rambe, mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari pusat untuk pemberitahuan rencana penghapusan koperasi itu. Dengan begitu, ke-53 koperasi tersebut tidak lagi tercatat dalam database koperasi di Diskoperindag Palas.

“Harusnya kan koperasi itu aktif. Harus ada rapat anggota tahunan (RAT). Tapi banyak koperasi yang tidak pernah melakukan RAT,” kata Dingin.

Memang, diakui Dingin, banyak koperasi di Palas yang tidak pernah muncul dan kewajiban untuk melaksanakan RAT pun tidak dipenuhi. Bahkan, pengurusnya juga sudah tidak ditemukan lagi.

Dingin juga menyebutkan, untuk pendirian koperasi, saat ini harus langsung ke pusat atau Kementerian Koperasi. Tidak lagi seperti selama ini, cukup di daerah. “Pendirian koperasi harus melalui notaris. Kemudian, didaftarkan lewat online ke pusat,” tambah Dingin. (lay)

  • Linkedin