Menu

KPK Tetapkan Mantan Kuasa Hukum Novanto jadi Tersangka

Fredrich Yunadi

MetroTabagsel.com – Tim penyidik KPK dikabarkan menetapkan mantan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi sebagai tersangka kasus dugaan merintangi penyidikan. Menanggapi  hal itu, pihak tim penasihat hukum Fredrich membenarkan adanya kabar tersebut.

“Benar sudah ditetapkan tersangka. Kemarin sore suratnya sudah dikasih ke pak Yunadi (Fredrich Yunadi) saya ada di situ,” terang tim penasihat hukum Fredrich, Supriyanto Refa, kepada JawaPos.com (grup koran ini), di Jakarta, Rabu (10/1).

Sementara itu, ketika dimintai pendapatnya soal status hukum baru yang disematkan KPK terhadap kliennya, Supriyanto malah menyindir KPK.

“Pertama saya perlu apresiasi KPK. saya bangga dengan KPK, karena dalam waktu 2-3 hari dia sudah menetapkan pak Yunadi (Fredrich Yunadi) tersangka,” kata Supriyanto.

Dengan cepatnya proses penetapan tersangka kliennya, dia berharap, KPK juga akan melakukan hal yang sama ketika menangani perkara lainnya. “Saya berharap di kasus lain tidak perlu lama-lama, satu atau dua minggu sudah selesai. Jadi mestinya semua kasus diperlakukan sama,” ketusnya.

Menurutnya, Fredrich ditetapkan tersangka atas dasar laporan per tanggal 5 Januari 2018. Oleh karena itu, dia menilai hal ini tidak benar.

“Ditetapkan tersangka tanggal laporan kejadian tanggal 5 januari. Tanggal 8 sudah ditetapkan tersangka. Tangggal 9 sudah dipanggil untuk datang sebagai tersangka tangal 12 Januari,” terangnya.

Untuk diketahui, Tim penyidik KPK dikabarkan menetapkan mantan pengacara Setya Novanto Fredrich Yunadi sebagai tersangka. Dia diduga merintangi penyidikan, dalam penanganan perkara kasus dugaan korupsi tersangka Setya Novanto.

“Sudah naik ke penyidikan, desember tahun kemarin ekspose (gelar perkaranya),” terang sumber JawaPos.com di Jakarta, Rabu (10/1). Terkait dugaan merintangi penyidikan yang dilakukan Fredrich, sumber tersebut mengatakan, Fredrich diduga berupaya merintangi penyidikan dengan cara mengatur skenario kecelakaan, hingga sakit Novanto saat itu, bersama pihak lain. Padahal Setya Novanto akan ditangkap tim penyidik usai beberapa kali mangkir dari panggilan pemeriksaan yang dilayangkan penyidik.

Sumber tersebut mengatakan, atas dugaan perbuatan yang dilakukan Fredrich, dia diancam dengan pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2011 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Terkait penetapan Fredrich sebagai tersangka, sejumlah pimpinan KPK belum menjawab pesan konfirmasi yang dilayangkan Jawa Pos.com.

Sementara juru bicara KPK Febri Diansyah belum bisa memberikan keterangan secara detail.” Kalau proses lanjutan dari penyelidikan sudah dilakukan. Informasinya sudah penyidikan. Sore ini akan diumumkan,” terang Febri kepada JawaPos.com. (jpg)

  • Linkedin
Loading...