Menu

Ingat! PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas

Ilustrasi
Ilustrasi

MetroTabagsel.com, JAKARTA – Para pegawai negeri sipil (PNS) diharapkan tidak menggunakan kendaraan dina‎s yang diberikan negara untuk mudik lebaran. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur.

Menurut dia, pelarangan PNS menggunakan kendaraan dinas bukan tanpa alasan. Sebab sudah ada ‎Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 87/2005 tentang Pedoman Peningkatan Efisiensi, penghematan dan Disiplin Kerja.

“Memang dalam peraturan itu tidak diizinkan,” ujar Asman di kantor Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini membolehkan apabila PNS itu mudik dengan menggunakan bus berpelat merah. Namun harus ada izin terlebih dahulu dari lembaga atau kementerian tersebut.

“Secara bersamaan mudik diizinkan dengan mengunakan pelat merah, tapi harus dapat izin dari pejabat bersangkutan,” katanya.

Kandati demikian, dia tetap manyarankan para PNS menggunakan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Karena pemerintah juga siapkan bus gratis,” pungkasnya. (cr2/JPG/mlu)

  • Linkedin
loading...