Menu

Kabur dari Tahanan, Tertangkap di Hotel

Istimewa
Pasangan suami istri, Afin Lehu dan Fia Ramadhani yang diamankan polisi atas kepemilikan narkoba

MetroTabagsel.com, MADINA – Arifin alias Afin Lehu (41) yang tertangkap di kamar Hotel Kurnia Natal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bersama istrinya Fia Rahmadani, ternyata merupakan narapidana yang sedang menjalani masa hukuman di rumah tahanan Natal.

Sebelum ditangkap di hotel, Afin Lehu berhasil kabur dengan alasan sakit dan akan berobat di RSU Natal. Saat itu, ia diantar langsung pegawai rutan kejaksaaan negeri cabang Natal.

Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Natal, Army Siregar yang dihubungi Metro Tabagsel, Jumat (19/1) membenarkan bahwa Arifin alias Afin Lehu itu merupakan warga binaan mereka di Rutan Natal.

Menurutnya, Arifin merupakan nara pidana Lapas Narkotika Raya, Simalungun yang dipindahkan ke Rutan Natal pada tanggal 11 Januari kemarin.

“Benar pak, Arifin itu warga tahanan Rutan Natal, baru pindah kemari tanggal 11 Januari kemarin, pidah dari Lapas narkotika raya Simalungun,” sebutnya.

Ia menjelaskan kejadian kaburnya Arifin dari Rutan Natal pada Rabu (17/1) pagi. Dan, pada hari itu juga, Army Siregar menyebut sedang dalam perjalanan ke Medan.

(Baca: Suami Istri Ditangkap Bawa Sabu)

“Saya waktu dalam perjalanan di Medan dapat telepon dari anggota di Rutan. Katanya Arifin sakit dan perlu mendapat perawatan, saya langsung bilang supaya dibawa ke Rumah Sakit (RSU Natal),” sebutnya.

“Kemudian anggota bawa ke Rumah Sakit. Dalam perjalanan, Arifin minta izin beli rokok ke warung dan diizinkan anggota. Nah, kesempatan itu dimanfaatkan Arifin untuk kabur. Anggota sudah berupaya mencarinya. Sorenya dapat kabar dia sudah ditangkap di hotel itu,” terang Army Siregar.

Army mengaku cukup menyesalkan kejadian tersebut, apalagi saat itu dia sedang berada di luar kota.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Madina AKP Muhammad Rusli kepada Metro Tabagsel mengatakan, pihaknya saat ini masih melalukan pemeriksaan terhadap tersangka Arifin alias Afin Lehu dengan istrinya Fia Rahmadhani.
“Masih sedang proses pemeriksaan,” ucapnya.

Rusli juga menyebut pihaknya akan memeriksa pegawai Lapas atau Rutan Natal terkait keberadaan Arifin selama berada di dalam tahanan Rutan Natal hingga bisa kabur dan menemui istrinya yang akhirnya mereka ditangkap di dalam hotel.

Dan, saat ditanya berapa orang pegawai Rutan Natal yang sudah diperiksa, Rusli belum memastikan jumlah orangnya.

“Pegawai (rutan) nya juga akan diperiksa, diperiksa sebagai saksi, masih mau ke sana ini,” ujar mantan Kapolsek Siabu itu. (Wan)

  • Linkedin
Loading...