Menu

Musim Hujan, Jalan Protokol Panyabungan Langganan Banjir

Jalan protokol pasar baru Panyabungan Kabupaten Madina yang selalu digenangi air setiap musim hujan.
RidwanLubis/MetroTabagsel
Jalan protokol pasar baru Panyabungan Kabupaten Madina yang selalu digenangi air setiap musim hujan.

MetroTabagsel.com-Jalan protokol pasar baru Panyabungan Kabupaten Madina kembali digenangi air. Selama empat hari terakhir, jalan yang berada di jantung kota Panyabungan tersebut ibarat kolam.

Warga mulai resah. Begitu juga dengan pemilik SPBU yang berada dekat dengan jalan yang banjir, karena semua kendaraan mengambil jalan pintas melalui SPBU untuk menghindari genangan air.

Irul Nasution (35) pemilik warung nasi di pasar baru Panyabungan kepada Metro Tabagsel, Minggu (5/11) mengatakan, genangan air di jalan protokol pusat pasar baru Panyabungan itu sudah pemandangan yang biasa bagi masyarakat Panyabungan. Apalagi hujan seharian, jalan tersebut akan menjadi seperti kolam ikan.

“Hujan sebentar saja sudah ada genangan air, apalagi selama beberapa hari ini hujan terus. Jalan ini sudah ibarat kolam. Kondisi ini sudah cukup lama terjadi, dan beberapa kali diperbaiki pemerintah tetapi masih saja ada genangan air, tidak ada perubahan,” keluh Irul.

Akibatnya, sambung Irul. Pemilik kios di pinggir jalan protokol tersebut mesti membuat sendiri penahan air supaya kios mereka tidak mengalami banjir.

Di sisi lain, akibat genangan air di jalan protokol jantung kota Panyabungan itu, pengguna jalan kendaraan bermotor pun mengambil jalan pintas memasuki lapangan SPBU guna menghindari genangan air di badan jalan. Kondisi ini juga dikeluhkan pekerja SPBU. Karena, kendaraan yang mengambil jalan pintas bukan hanya kendaraan roda dua, tetapi mobil pun ikut mengambil jalan pintas dari SPBU tempat mereka bekerja, akibatnya pengunjung SPBU sering terganggu karena semua kendaraan melintasi komplek pengisian bahan bakar tersebut.

“Genangan airnya cukup tinggi mencapai lutut orang dewasa, sehingga banyak kendaraan yang mengambil jalan lintas dari SPBU ini, dikira mau isi bbm, ternyata Cuma untuk menghindari genangan air.  Tentu pengunjung kami akan terganggu mau mengisi bbm,” keluh salah seorang petugas SPBU kepada wartawan.

Masyarakat pun berharap, pemerintah supaya segera mencari penyebab genangan air yang setiap turun hujan selalu terjadi, apalagi drainese di pinggir jalan protokol itu sudah beberapa kali diperbaiki, namun genangan air pun tetap terjadi.

“Harapan kami pemerintah segera memperbaiki drainese ini, dan mencari penyebab genangan air yang sudah bertahun-tahun lamanya tidak teratasi,” harap warga. (wan/mtabag)

 

  • Linkedin