Menu

Lomba PAI Tingkat Nasional Utusan Sumut Asal Madina, Bertarung Menuju 8 Besar

Empat siswa asal Madina menjadi utusan kontingen Sumatera Utara pada lomba PAI tingkat Nasional di Banda Aceh.
Empat siswa asal Madina menjadi utusan kontingen Sumatera Utara pada lomba PAI tingkat Nasional di Banda Aceh.

MetroTabagsel.com, MADINA – Putra-putri utusan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang sedang mengikuti perlombaan Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat nasional di Banda Aceh saat ini sudah berada di posisi 10 besar dan sedang bertarung menuju 8 besar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemkab Madina, Dollar H Siregar kepada Metro Tabagsel, Rabu (11/10) mengatakan, ada dua kategori lomba yang diikuti peserta dari Kabupaten Madina utusan Provinsi Sumatera Utara, yaitu lomba cerdas cermat PAI tingkat SMP sederajat dan Lomba Pildacil tingkat Sekolah Dasar.

“Untuk kategori cerdas cermat PAI, peserta kita sudah lolos ke-8 besar. Sementara untuk kategori Pildacil, peserta kita masih sedang bertarung dari 10 besar menuju 8 besar,” terang Dollar.

Ia menyebut, pertarungan delapan besar hingga menuju semi final cukup berat. Namun, Dollar mengaku optimis peserta kontingen Kabupaten Madina masih mampu menuju semi final dan berharap bisa masuk ke final.

“Kita masih optimis peserta kita mampu mengukir prestasi dan memenangkan lomba dari dua kategori. Kita akui lomba ini cukup berat karena merupakan ajang nasional. Namun, dari semangat berlomba yang ditampilkan peserta, kita yakin masih bisa lolos ke final,” ujarnya.

Kepala Seksi peserta didik Dinas Pendidikan Kabupaten Madina, Ade Elvia Nora menambahkan, saat ini peserta dalam kondisi sehat dan masih semangat mengikuti tahapan lomba.

“Anak-anak kita semua sehat dan semangat. Tapi kita berharap semua lapisan masyarakat ikut mendoakan anak-anak ini agar bisa lolos dan memenangkan lomba,” harapnya.

Bupati: Ini Prestasi yang Patut Disyukuri
Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution mengaku sangat bersyukur, karena putra-putri Madina masih ikut tampil pada perlombaan Pendidikan Agama Islam (PAI) utusan Provinsi Sumatera Utara di tingkat Nasional yang berlangsung di Banda Aceh.

“Ini merupakan kebahagian bagi kita semua. Anak-anak masih dapat kesempatan berlomba di tingkat nasional. Kita mesti mensyukuri prestasi ini,” sebut Dahlan saat pemberangkatan empat orang peserta utusan Madina di Masjid Agung Nur ala Nur Panyabungan, Jumat (6/10).

Bupati menyebut, dalam kurun waktu empat tahun terakhir, ini salah satu faktor yang mengharumkan nama Madina adalah karena nama pesantren, agama dan adat istiadatnya. Ditambahi prestasi putra-putri Kabupaten Madina yang mampu mengukir prestasi juara nasional bidang PAI beberapa tahun yang lalu.

“Untuk itu, momen-momen seperti ini merupakan salah satu upaya didalam penguatan terhadap pengangkatan harkat dan martabat Madina ke depannya. Kepada anak-anak kami, kalian semua harapan yang nantinya dapat mengangkat nama harum Madina,” ujarnya.

Adapun nama-nama peserta yang menjadi utusan Provsu dalam perlombaan kategori cerdas cermat PAI tingkat SMP yaitu Nurul Padilah Nasution, Khairiah dan Sangkot Paridah. Ketiga peserta tersebut merupakan siswi SMPN 1 Lembah Sorik Merapi Kabupaten Madina.Sementara, untuk kategori Dai Cilik yaitu Abirul Mukminin, murid SDN 237 Muara Sipongi Kabupaten Madina. (wan/ma)

  • Linkedin