Menu

Ini Kemeriahan Peringatan HUT ke-72 RI di Madina

Bupati Madina didampingi Ketua TP PKK Ny Ika Desika Dahlan Hasan  bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah berfoto dengan pasukan pengibar bendera.
Bupati Madina didampingi Ketua TP PKK Ny Ika Desika Dahlan Hasan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah berfoto dengan pasukan pengibar bendera.

MetroTabagsel.com-Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal mengadakan berbagai kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pertama, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di lapangan Tapian Siri Siri Syariah, Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, Kamis (17/8).

Ribuan peserta upacara hening saat dibunyikannya sirene tanda detik-detik Proklamasi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Lely Hartati. Di bawah terik sinar matahari tampak peserta tetap samangat mengikuti upacara yang dipimpin Komandan Upacara Kapten Inf Takbir SPd.

Sementara itu Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan penuh khidmat menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di bawah Komandan Pleton Paskibra Reyhan Sulistio Widodo yang dikibarkan dan diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan pasukan barisan defile yang diikuti pelajar, TNI, Polri juga Korpri di lingkungan Pemkab Madina.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution¬† mengatakan acara defile ini rutin dilakukan. “Walaupun panas terik matahari, warga tetap ramai menyaksikan barisan defile. Ini membuktikan rasa nasionalis masyarakat Madina sudah tinggi. Untuk itu kepada Masyarakat Madina saya minta supaya di HUT RI Ke 72 ini kita jadikan sebagai momentum untuk berbenah serta memperbaiki diri,” ucap Bupati Madina.

Sebelum kegiatan upacara penaikan bendera Merah Putih, Bupati Madina memimpin upacara pemberian remisi (pemotongan masa tahanan Nara Pidana) di LP Kelas IIA Panyabungan. ada 191 narapidana yang menerima remisi.

Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution, dalam sambutannya yang membacakan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azazi Manusia Republik Indonesia Nomor: W2.E10.PK.01.01.02-548 Tahun 2017 tentang Pemberian Remisi Umum 17 Agustus 2017.

Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT Kemerdekaan RI, Bupati Madina Dahlan Hasan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Prasasti Perintis Kemerdekaan di Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan. Hadir keluarga dari Pejuang yang berada di Desa Sayur Maincat, Muspika Kotanopan dan Anggota DPRD Madina.

Sebelum peletakan batu pertama dilaksanakan terlebih dahulu pawai obor yang serentak dilakukan Pelajar SMA dan SMK Kecamatan Kotanopan.

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dalam kesempatan tersebut menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Madina mohon maaf kepada keluarga Perintis Kemerdekaan yang saya dapat informasinya ada 7 pejuangan perintis kemerdekaan dari Desa Sayur Maincat ini.

“Saya dapat Informasi bahwa 7 Pejuang kemerdekaan ada di desa ini, ada yang dimakamkan di makam Pahlawan Medan, Makam Pahlawan Solo dan Jawa. Selain itu informasinya bendera merah putih ketiga dikibarkan di Kotanopan setelah Indonesia di nyatakan merdeka,” jelasnya.

  • Linkedin