Menu

Tubuh Pria Dipenuhi Cacing karena Makan Sashimi

Hasil X-Ray.
Hasil X-Ray.

MetroTabagsel.com, JEPANG – Beberapa waktu lalu, tersebar foto yang menampilkan hasil x-ray tubuh seorang pria. Gambarnya menakutkan. Terlihat, bagian dalam tubuhnya penuh dengan cacing pita. Disebutkan dalam berita tersebut, pria ini terkontaminasi cacing pita karena mengonsumsi sashimi. Sashimi adalah sajian ikan mentah khas Jepang.

Foto yang awalnya bersumber dari situs Tiongkok itu menyebar cepat. Disebutkan kalau lelaki Tiongkok itu awalnya merasa gatal-gatal dan nyeri di tubuhnya. Gatal dan nyeri yang tidak jelas sumbernya. Setelah dibawa kedokter, terungkaplah penyebabnya. Situs Tiongkok itu pun mengklaim kalau itu berita benar dan asli.

Pasalnya, mereka kemudian mewawancarai dokter dari Fifth Affiliated Hospital di Guangdong, Tiongkok yang memastikan kalau itu adalah hasil X-ray pasien dari Distrik Shunde yang menjalani perawatan selama 14 hari di RS itu.

Disebutkan kalau pasien itu sangat suka makan ikan mentah. Pasien itu kemudian dirujuk ke RS di Guangzhou. Dr Yin dari No.8 People’s Hospital Guangzhou menyebutkan kalau bercak-bercak putih di X-ray itu adalah cacing. Dan itu bisa terjadi bila seseorang mengonsumsi makanan yang terinfeksi telur cacing pita.

Ditambahkan kalau cacing pita itu terdapat dalam beberapa makanan. Seperti ular, ikan air tawar, babi, dan daging. Kata Dr Yin, ketika seseorang memakan makanan yang mengandung telur cacing pita, telur itu bisa masuk ke pencernaan dan dicerna sebagai nutrisi. Saat kemudian menetas, larva cacing bisa menyebar lewat pembuluh darah.

Berita itu kemudian diambil salah satu media Eropa dan menyebar ke media Barat. Mereka menelan mentah-mentah berita. Padahal, beberapa tahun sebelumnya ada cerita fiksi yang juga serupa. Cerita yang menyebar via internet itu menyebutkan kalau ada seorang pria yang otaknya penuh dengan belatung karena sering mengonsumsi sushi.

Berita ini sebenarnya memiliki detail yang kontradiksi. Disebutkan kalau cacing pita itu dibawa oleh ikan mentah. Tetapi kemudian mereka mendiskusikan kalau cacing pita yang dimaksud hanya ada di dalam daging babi.

Tidak hanya itu, pada 2014 ada foto X-ray yang sama yang dipublikasikan di British Medical Journal. Disebutkan dalam jurnal itu kalau ada pasien lelaki yang terkontaminasi bakteri karena sangat suka mengonsumsi daging babi mentah. Dalam jurnal itu bahkan tidak disebut sama sekali mengenai ikan mentah.

Bercak-bercak yang ada pada tubu pasien bukanlah cacing pita. Melainkan flek yang merupakan hasil dari infeksi yang diderita pasien. Jadi, berita mengenai tubuh pria dipenuhi cacing karena makan sashimi adalah hoax. (jpg)

  • Linkedin