Menu

Ternyata, Kue Jahe Sipirok Diminati Hingga Taiwan

Ilustrasi.
Ilustrasi.

MetroTabagsel.com – Sipirok adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Kecamatan Sipirok ini terletak di lembah Gunung Sibualbuali yang berada di atas ketinggian sekitar 4500 MDPL, sehingga membuat daerah ini memiliki hawa yang sejuk.

Lokasinya berada di dataran tinggi, sama halnya seperti di Brastagi kabupaten Karo. Aliran belerang yang mengalir dari Gunung Merapi Sibualbuali memberikan dampak positif bagi para petani, karena dapat melimpahkan kesuburan tanah di daerah tersebut.

Kesuburan tanah inilah yang mengubah Kecamatan Sipirok menjadi salah satu andalan penghasil pangan untuk wilayah Sumatera Utara seperti padi, gula aren, kulit manis, kopi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Salah satu produk lokal dari daerah ini adalah kue jahe asal Sipirok ternyata sangat digemari negara Taiwan. Selain negara Taiwan, kue jahe produk dan bahan asli home industri masyarakat Sipirok itu sangat disukai warga Kota Medan.

Konon, kue jahe Sipirok yang ke Taiwan setiap bulan mencapai 100 toples, selebihnya menutupi permintaan swalayan Kota Medan. Semakin hari permintaan kue jahe itu semakin tinggi, sayang, potensi tersebut belum bisa diimbangi dengan produksi akibat minimnya tenaga.

Kue jahe Sipirok memiliki ciri khas citarasa tersendiri dimana jahe asli Sipirok yang diadon bersama gula, kacang dan kelapa berasa pas di lidah. (bbs/mtb/int)

  • Linkedin
loading...