Menu

JR Saragih Rapat Pelaksanaan 17 Agustus di Danau Toba

Bupati Simalungun JR Saragih mengikuti rapat persiapan perayaan HUT Kemerdekaan RI.
Bupati Simalungun JR Saragih mengikuti rapat persiapan perayaan HUT Kemerdekaan RI.

MetroAsahan.com, DANAU TOBA – Tak lama lagi pelaksanaan perayaan 17 Agustus akan dilakukan di seluruh Indonesia. Untuk mendukung destinasi prioritas Danau Toba, Bupati Simalungun JR Saragih pun melakukan rapat pelaksanaan 17 Agustus di atas perairan Danau Toba, dengan Nama kegiatan gebyar kemerdekaan Semangat Baru.

“Danau Toba menjadi destinasi prioritas di Pemerintahan Presiden Jokowi sehingga dengan melakukan perayaan 17 Agustus di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara ini menjadi bentuk dukungan kami terhadap Presiden Jokowi yang ingin memajukan Danau Toba,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih di atas Kapal KM Dosroha, Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat (4/8).

Selain dalam bentuk dukungan terhadap program Presiden Jokowi, JR Saragih menambahkan sebagai tanda cinta terhadap Parapat, Kabupaten Simalungun. Baginya, masyarakat harus menikmati perayaan kemerdekaan apalagi perayaan ini dipantau oleh Presiden Jokowi.

“Kita ingin membuat suasana Simalungun lebih hidup, semua wajib pasang umbul-umbul dari simpang dua sudah ada merah putih sehingga kemerdekaan ada di Sumatera Utara. Semua harus saling berkoordinasi dengan baik, Kapolda akan datang ke Parapat di tanggal 18 Agustus. Kita harus buat gaung Danau Toba sehingga wisatawan lebih banyak lagi. Gaung di tahun 90an bisa hidup lagi,” tambahnya.

Pada perayaan 17 Agustus terdapat pula perlombaan dengan total hadiah Rp200 juta. Adapun perlombaan tersebut adalah lomba jet ski, lomba Marathon 10 km kemudian ada gebuk bantal di Pantai Hotel Bahari hingga terbang layang serta lomba renang.

Selain itu diadakan pula pelayanan kesehatan, pasar murah, pelayanan KB, pembuatan administrasi kependudukan yang dilakukan secara paralel di tanggal 14 Agustus 2017.

Selanjutnya di tanggal 16 Agustus 2017, terdapat sidang paripurna DPRD sekaligus pengukuhan paskibraka yang akan dilakukan di Inna Parapat.

Kemudian, tanggal 17 Agustus ada pertunjukan drama perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan selanjutnya pelaksanaan upacara, selain itu penyerahan bingkisan kepada para veteran, lalu pemberian santunan untuk anak yatim piatu. Untuk meramaikan, akan diadakan marching band Dari SMAN 1 Parapat dan SMA/SMK Plus Efarina.

Ada pula ekonomi kreatif, selain itu ada pula 50 kapal yang dimeriahkan dengan bendera Indonesia. Sementara untuk Pesta Budaya Rondang Bintang dilakukan tanggal 18-20 Agustus 2017.

“Perayaan 17 Agustus tahun ini akan kita buat gaungnya lebih besar yakni melingkupi seluruh wilayah Sumatera Utara, apalagi ini menyangkut dukungan Pemerintahan Kabupaten Simalungun terhadap Danau Toba,” tukas Sekretaris Daerah (Sekda) Simalungun Gideon Purba. (osi)

  • Linkedin
loading...