Menu

JR Saragih: Home Industri Harus Hidup

Bupati Simalungun JR Saragih menyambangi Kisaran guna melihat home industri sepatu bunut di kawasan Jenderal Sudirman, Kisaran.
Tonggo Sibarani
Bupati Simalungun JR Saragih menyambangi Kisaran guna melihat home industri sepatu bunut di kawasan Jenderal Sudirman, Kisaran.

MetroTabagsel.com –Home industri di Simalungun harus hidup. Saya sudah mempersiapkan tempatnya. Semua akan dijadikan satu di Rest Area yang ada di Kecamatan Purba,” tegas Bupati Simalungun JR Saragih saat ditemui di Kisaran, Selasa (2/7).

Keseriusan Bupati Simalungun JR Saragih membangun home industri di Kabupaten Simalungun bukan sebatas isapan jempol. Pasalnya, dirinya sedang mempersiapkan home industri di Simalungun tepatnya di Kecamatan Purba.

Bupati menegaskan, penempatan pusat home industri di Kecamatan Purba karena dilihat dari sisi jangkauan sangat tepat terlebih dari sisi luas area juga sangat luas.

Selain itu, dari sisi jangkauan wisatawan akan mudah digapai terlebih rest area yang ada di Kecamatan Purba merupakan jalur lintas Sumatera Utara menuju Dairi serta Berastagi hingga Medan.

“Tempatnya masih dipoles untuk menjadi lebih menarik untuk dilihat. Targetnya di 2018 sudah beroperasi, sehingga pertumbuhan home industri di Simalungun akan lebih hidup. Untuk home industri adalah semua hasil kreatifitas masyarakat Simalungun,” tambahnya.

Sebelum diresmikan, pria bernama lengkap Jopinus Ramli Saragih ini terus berkoordinasi dengan pihak terkait, sehingga bila sudah jadi, maka dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah lebih siap menghadapi arus derasnya kehadiran wisatawan yang akan melintasi wilayah tersebut.

“Semuanya sedang kita matangkan, mulai dari tempat hingga SDM. Apalagi bila sudah rampung maka tempat tersebut harus bersih dan itu paling utama. Karena wisatawan yang datang juga akan lebih lama melihat maupun membeli hasil ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Simalungun, terlebih hingga kini belum ada spot yang memungkinkan untuk masyarakat menjual hasil kreatifitasnya,” urainya tersenyum.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Pelatihan Kepegawaian Daerah (BPPKD) Simalungun Jamesrin Saragih menuturkan, Pemkab Simalungun akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa menumbuhkan potensi ekonomi kreatif di Simalungun.

“Selepas melihat pertumbuhan home industri di Kisaran, kita akan mencoba mempelajari produk industri kreatif, apa yang bisa dikembangkan di Simalungun. Sehingga bisa menghidupkan pertumbuhan ekonomi, meningkat apalagi dilihat dari sisi potensi SDM di Simalungun lumayan tinggi. Secara otomatis bisa dikembangkan dengan baik,” pungkasnya.

  • Linkedin
loading...