Menu

Pulau Sibandang Dipersiapkan Sebagai Tujuan Paket Wisata

Pulau Sibandang dipandang dari Hotel Sentosa, Kecamatan Muara. Pulau ini akan menjadi salah satu tujuan utama paket wisata destinasi pariwisata Danau Toba.
Alfredo Sihombing
Pulau Sibandang dipandang dari Hotel Sentosa, Kecamatan Muara. Pulau ini akan menjadi salah satu tujuan utama paket wisata destinasi pariwisata Danau Toba.

MetroTabagsel.com, TAPUT – Pulau Sibandang akan dipersiapkan sebagai tujuan paket wisata menuju destinasi pariwisata Danau Toba. Di pulau yang terdiri dari 3 desa ini, yaitu Desa Sibandang, Desa Papande dan Desa Sampuran, adalah salah satu pulau di tengah Danau Toba yang masuk wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Jarak yang dapat ditempuh ke lokasi dari kota pelabuhan kecamatan menuju Pulau Sibandang kurang lebih 15 menit menggunakan speedboat sampai di tempat. Sesuai program Pemerintah Tapanuli Utara, pulau yang dihuni sekitar 1.000 KK akan dipersiapkan sebagai bagian destinasi Pariwisata Danau Toba.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, Pulau Sibandang dipersiapkan sebagai tujuan paket wisata menuju destinasi pariwisata Danau Toba dan pihaknya akan mengembangkan segala potensi yang ada sehingga mampu menarik minat wisatawan.

Dia menjelaskan berbagai potensi di pulau itu, seperti atraksi di sektor budaya, kerajinan tangan (Ulos), alam dan pertanian, yang akan dipadukan menjadi suatu paket wisata yang didukung infrastruktur yang memadai serta akan bekerjasama dengan pihak lain yang sudah berpengalaman.

“Pembenahan pantai dan pelabuhan menjadi salah satu titik perhatian kita, ditambah pembangunan jalan keliling Pulau Sibandang. Diharapkan kesiapan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung program ini,” ujarnya, Selasa (1/8).

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Taput Binhot Aritonang melalui Kabid Pariwisata Josua Hutasoit mengatakan, dengan adanya Bandara Silangit sebagai salah satu pintu gerbang menuju kawasan Danau Toba akan sangat mempengaruhi perkembangan wisata di daerah ini.

“Pemkab Taput yakin bahwa Pulau Sibandang akan menjadi ikon wisata, dimana saat ini sudah dimulai penjajakan terkait rencana pembuatan taman Geopark seluas 50 ha,” ujarnya. (as/ara/ma)

  • Linkedin