Menu

Smartphone Anda Lambat…Saat Anda Asik Browsing…?

Ilustrasi
Ilustrasi

METROTABAGSEL.COM, Anda sedang menggunakan ponsel android kesayangan Anda, tiba-tiba ponsel Anda menjadi lebih lamban atau lemot. Tahukah Anda penyebab terjadinya demikian? Penyebab Android lemot bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, apakah aplikasi yang Anda gunakan terlalu banyak sehingga memberatkan kinerja RAM ponsel Anda.

Secara rinci penyebab Android lemot adalah adanya ketidaksesuaian antara spesifikasi dengan besarnya RAM yang dimiliki. Ditambah dengan banyaknya aplikasi yang digunakan akan membuat kapasitas RAM menjadi lebih cepat untuk full. Salah satu hal yang biasanya membuat android menjadi lemot adalah chat yang menumpuk dan tidak dihapus sehingga menyebabkan cache menjadi beban bagi ponsel kesayangan Anda. Anda lebih baik untuk menghapus secara berkala chat yang Anda lakukan.

Ini Triknya untuk Anda praktekkan biar smartphone anda tidak lemot:

– Pilihlah aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, kemudian uninstall aplikasi tersebut. Hal ini akan mengurangi memori ponsel Anda. Otomatis juga mengurangi beban kerja RAM ponsel Anda.

– Unduh aplikasi task manager. Manfaat multitasking yang memudahkan pengguna android untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus akan membuat ponsel sering menjadi lag atau hang. Dengan task manager aplikasi tersebut dapat dihentikan, dan RAM akan otomatis berkurang beban pemakaiannya sehingga ponsel tidak lagi menjadi lemot.

– Pindahkan beberapa aplikasi yang berada di memori internal ke memori eksternal Anda. Hal ini juga bentuk mengatasi kelebihan kapasitas memori internal Anda. Sehingga memori internal masih memiliki ruang yang lega untuk aplikasi sistem bawaan.

– Boost secara berkala ponsel android Anda. Di beberapa produk android telah menyediakan booster yang dapat Anda sentuh untuk mengosongkan RAM dari beban aplikasi yang terpakai.

– Gunakan hanya aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Anda memang penyuka dunia social media. Mengunduh semua aplikasi social media akan memberatkan kinerja ponsel Anda. Karena beberapa social media akan terunduh di memori internal Anda sehingga akan menambah memori RAM pada saat Anda melakukan chatting atau aktivitas social media lainnya.

– Hapus History dan cache aplikasi anda.

– Restart Androit Anda

Demikianlah dulu beberapa penyebab Android lemot dan cara mengatasinya yang bisa Anda praktekkan. (internet).

  • Linkedin
loading...