Menu

Aman Sudirman: Tegakkan Hukum, Jangan Pilih-pilih

Aman Sudirman Harahap
Aman Sudirman Harahap

MetroTabagsel.com-Ketua DPP LSM Gempar Aman Sudirman meminta kepada pihak kepolisian, khususnya Satuan Lalulintas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk tidak tebang pilih dalam menegakkan hukum. Seperti adanya kasus lakalantas yang menyebabkan korban meninggal dunia.
“Saya mempertanyakan adanya kasus lakalantas yang ditangani Satlantas Polres Tapsel, namun terkesan tebang pilih dalam menegakkan hukum. Artinya, perlakuan hukum tidak sama diberikan,” ungkapnya mengkritisi kinerja Satlantas Polres Tapsel, Jumat (15/9).
Cerita Aman, ada satu kasus lakalantas yang menimbulkan korban jiwa yang ditangani pihak Satlantas Polres Tapsel. Namun untuk penegakan hukumnya dianggap tidak adil. Pasalnya, ada pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka atas kasus serupa namun dilakukan penahanan.
“Tapi kenapa ada yang bisa bebas dan dan tidak ditahan? Padahal ada tersangka kasus serupa malah sudah berbulan-bulan mengaku dilakukan penahanan,” tukasnya.
Meski begitu, kata Aman, antara kedua belah pihak sudah melakukan perdamaian. Namun pihak kepolisian, seharusnya bersikap adil. Karena, untuk penegakan hukum semua mendapat perlakuan yang sama.
“Itu sudah berbulan-bulan, juga sudah berdamai, tapi tetap ditahan juga. Kenapa ada yang melakukan kasus serupa tapi tidak ditahan?” tanyanya.
Ia berharap, sebagai penegak hukum, pihak kepolisian dapat menegakkan hukum kepada semua pelanggar dan pelaku dengan cara yang sama.
“Jangan ada dibeda-bedakan, apalagi hanya karena melihat siapa orangnya atau dengan alasan yang tidak sesuai dengan prosedur hukum yang ada,” jelasnya.
Sementara, Kanit Lakalantas Polres Tapsel Iptu Endang Effendi mengaku bahwa pihaknya memang benar menangani kasus Lakalantas yang dimaksud Aman Sudirman. Namun karena kedua belah pihak, antar pelaku dan korban sudah melakukan perdamaian dan alasan yang menjadi wewenang penyidik, pihaknya melakukan penangguhan.
“Iya memang ada, dan tersangka kita tangguhkan. Dan kedua belah pihak sudah berdamai. Tetapi untuk kasusnya tetap kita proses dan dilanjutkan,” pungkasnya. (yza)

  • Linkedin