Menu

Mantan Menkes Siti Fadilah Divonis 4 Tahun Penjara

Siti Fadilah
Siti Fadilah

MetroTabagsel.com – Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah Supari mengisyarakatkan tidak akan mengajukan banding atas putusan (vonis) majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Siti dihukum 4 tahun penjara karena terbukti melakukan korupsi.

“Kayaknya tidak (banding) ya. Saya sudah mengira bahwa begitu saya sudah melihat keanehan dari fakta-fakta persidangan dan tuntutan lebih kaget lagi. Saya berharap hakim akan memilih salah satu dari dakwaan ternyata ini dua dakwaan dua tahun-tiga tahun, begitu kali,” kata Siti kepada wartawan usai sidang vonis di Pengadilan Tipikor, Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Jaksa pada KPK sebelumnya menuntut Siti dengan tuntutan 6 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Putusan majelis hakim yang dipimpin Ibnu Basuki Widodo lebih rendah dari tuntutan jaksa.

“Saya sangat shock dan kecewa, fakta persidangan kok nggak dipakai. Kalau fakta persidangan dipakai tidak begini, apa gunanya sidang berkali-kali dengan biaya negara, fakta persidangan tidak dipakai sama sekali,” tutur Siti.

Majelis hakim menyatakan, Siti terbukti menyalahgunakan kewenangan selaku menkes dan pengguna anggaran (PA) dalam kegiatan pengadaan alkes guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005 pada pusat penanggulangan masalah kesehatan (PPMK) Kemenkes.

Penyalahgunaan wewenang dilakukan Siti dengan cara menerbitkan surat rekomendasi untuk dilakukan penunjukan langsung (PL) dan meminta agar Mulya A Hasjmy selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) melakukan PL terhadap PT Indofarma Tbk sebagai penyedia barang dan jasa.

Selain itu, majelis hakim juga menyatakan Siti Fadilah terbukti menerima duit gratifikasi total Rp1,9 miliar sebagaimana dakwaan kedua. Siti kemudian diminta membayar uang pengganti yang totalnya sama dengan uang yang diterima.

Namun karena Siti sudah mengembalikan uang Rp1,35 miliar maka sisa pembayaran uang pengganti yang harus diserahkan ke negara Rp550 juta. “Maka pembayaran sisa uang pengganti yang harus dibebankan dibayarkan Siti kepada negara yaitu Rp1,9 miliar dikurangi Rp1,35 miliar atau senilai Rp550 juta,” ujar hakim. (dtc/int/ma)

  • Linkedin
loading...