Menu

Duh, Harga Sawit Tak Kunjung Naik

Ilustrasi Sawit
Ilustrasi Sawit

MetroTabagsel.com, PALAS – Harga sawit di Padang Lawas tak kunjung naik setelah turun empat bulan terakhir. Bahkan, cenderung harga yang berlaku saat ini menyiksa petani.

Di tengah masyarakat, harga yang berlaku saat ini tinggal Rp1.300 per kilogram. Sementara, di peron masih bertahan di angka Rp1.420 per kg.

“Nggak tahu kapan naiknya. Sementara, andalan kita sekarang di sini adalah sawit,” kata Amin, seorang warga di Kecamatan Sosa, kemarin (6/9).

Memang, di Padang Lawas, sawit merupakan komoditas utama yang menjadi andalan warga. Meski, karet juga masih tetap ada.

Untuk produksi atau hasil panen, saat ini dirasakan warga sudah mulai naik. Sejak musim hujan dalam sebulan terakhir, hasil panen warga terus bertambah.

Hanya saja, dengan harga yang belum naik, tentu masih menyulitkan petani. Terlebih biaya pemupukan juga harus dikeluarkan.

“Sawit ini manja. Kalau nggak dipupuk, mana mau dia berbuah,” kata Amin.

Di tempat berbeda, K Hasibuan, seorang toke pengumpul sawit mengaku, harga sawit masih belum memberikan harapan bagi petani. Untuk sawit buah super, pihaknya hanya berani menampung Rp1.350 per kilogram.

“Itu pun kalau kita yang jemput ke kebunnya, masih harus dikurangi biaya transportasi lagi,” tambahnya.

Untuk hasil panen, memang sudah jauh naik. Bahkan, tak jarang antrian panjang sudah terlihat di pabrik, karena bertambahnya hasil panen warga. (lay)

  • Linkedin